outline of an explanatory essay purpose of college education essay when i am 100 years old writing paper physics research paper example apa sample paper format accounting homework solver

Gebyar Musyawarah Wilayah IPKINDO DPW Jabar Tahun 2019

Pewarta : Sugama

Penyuluh Kehutanan Dinas Kehutanan, Jawa Barat

Musyawarah Wilayah (Muswil) merupakan suatu kegiatan yang sangat bermakna dalam dinamika Organisasi Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO). Kegiatan Muswil IPKINDO DPW Jawa Barat Tahun 2019, yang diselengarakan pada hari Kamis Tanggal 7 November 2019 di Lapangan tenis Dinas Kehutanan Prov. Jawa Barat dibuka secara langsung oleh PLT Gubernur Jawa Barat yang sekaligus merupakan Wakil gubernur Jawa barat, UU Ruhzanul Ulum.

Hadir pada acara Muswil tersebut kepala BP2SDM Kemen LHKRI, Helmi Basalamah, Pimpinan IPKINDO Pusat, Eka Widodo Soegiri beserta seluruh pimpinan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan para pimpinan istansi terkait yang berada di wilayah Jawa barat.

Acara Muswil juga dihari oleh seluruh Penyuluh Kehutanan Aktif, Penyuluh Kehutanan Purnabakti, dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) yang berada di wilayah Jawa Barat. Kegiatan ini terbilang sukses dalam penyelangaraannya, hal ini dapat terlihat dari antusias kedatangan para peserta dan undangan yang memenuhi ruangan dengan kapasitas kursi yang telah disediakan sebanyak 500 lebih.

Dalam sambutannya UU Ruhzanul Ullum mengatakan “Muswil ini perlu diselenggarakan untuk membangkitkan kembali gairah semangat para Penyuluh Kehutanan Jawa Barat dalam melakukan tugas dan perannya”.

Selanjutnya UU juga menambahkan bahwa tugas utama Penyuluh adalah memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pengelolaan Hutan dan Lingkungan hidup, serta memberikan pendampingan dilapangan tentang tatacara mengelolaan hutan dan lingkungan secara benar.
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BP2SDM, bahwa Penyuluh Kehutanan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pembangunan hutan rakyat, baik yang di dalam wilayah kawasan maupun yang diluar kawasan.

“Penyuluh Kehutanan mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam mengelola hutan dan lingkungan agar dapat mensejehterakan masyarakat itu sendiri, sehingga indikator keberhasilan seorang penyuluh adakah kesejahteraan masyarakat”, tambah nya.

Pada kesempatan yang berbeda di ruang kerjanya, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat, Epi Kustiawan menjelaskan “Kewenangan kita dalam mengelola hutan di luar kawasan dengan luasan sekitar 700, 000 ha yang tersebar pada 27 kabupaten dan kota yang berada di wilayah Jawa barat memerlukan tenaga Penyuluh Kehutanan yang cukup. Idealnya setiap Penyuluh Kehutanan membina satu kecamatan, yang jumlahnya sebanyak 627 Kecamatan.”

Diakui Epi, bahwa penyuluh kehutanan yang ada sekarang sejumlah 248 orang, sangat kurang memadai. Sehingga untuk mengatasinya diperlukan bantuan Penyuluh kehutanan dari kalangan masyarakat yang terdidik dan terlatih serta Penyuluh Purnabakti yang masih mau mengabdi yang disebut Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM). Keberadaan PKSM ini legalitasnya sedang diproses dalam bentuk Pergub,

Epi Kustiawan menambahkan, Kegiatan Muswil IPKINDO DPW Jawa barat tahun 2019 ini juga menghasilkan kepengurusan baru dengan terpilihnya Muhammad Yusuf sebagai ketua untuk perioder tahun 2019 – 2024, menggantikan seniornya yang sudah purna bakti, Muchtar Effendi.

Dalam pidato pertamanya M.Yusuf yang didampingi sekretaris IPKINDO yang baru, Muhammad Ichwan, mengajak para Penyuluh Kehutanan di Jawa barat untuk bekerja lebih keras lagi agar dapat menunjukan eksistensi nya lewat kinerja dan karya nyata di lapangan.

Untuk memberikan gairah dan semangat kerja kepada kepengurusan baru serta untuk memenuhi pencapaian target kerja organisasinya dan mengejar kekuranagan kekurangan yang ada, Kepengurusan IPKINDO DPW Jabar periode 2019-2024 diberi nama “IPKOINDO DPW Jabar Ngabret”

(130)