argumentative essay high school persuasive essay on recycling what does restate thesis mean what is main verb and helping verb

Gugus 2 Selenggrakan Lomba Pasangiri Lestarikan Seni Budaya Jawa Barat

Pewarta: Diki Perdana

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Mengadakan Lomba Pasangiri loba baca ,sastra Kawih dan dongeng , yang di selengarakan oleh Gugus 2 bertempat di SMPN 1 Cimauang, Acara yang yang berlangsung pada hari Rabu (23/10/19)

Acara pasangiri diikuti oleh 46 Smp yang ada di Gugus 2, berlangsung mulai pukul 08.30 s/d 20:00 WIB. Selain dihadiri oleh Ketua Gugus 2 Drs Kusnadi yang merupakan kepala sekolah SMPN 1 Banjaran, turut hadir pula sekertaris, Ir Agus, Kepsek SMP Plus Al Kausar, Agus Budiman M.M.Pd, Bendahara Iwan Ginanjar S.Pt M.M.Pd, Kepsek SMP Handayani, Ketua MGMP Dede Supriayadi, S.Pd, Endang Tasmiludin , S.Pd M.M dan panitia lomba pasangiri Hendarsyah Septandi S.Pd

Pada kesempatan tersebut acara dipandu oleh pembawa acara lomba pasangiri baca satra dan bahasa sunda, Rini Mutia S.Pd. Sedangkan kegiatan yang diperlombakan pasangiri baca jeung sastra Gugus 2 yang diikuti siswa siswi se-gugus 2 diantaranya,  Baca Sajak, Ngadongeng  Pupuh dan Baca Aksara sunda.

Di sela-sela kegiatan Ketua Gugus 2 Drs Kusnadi mengatakan kepada Tim liputan koran sinar pagi, melalui gelar acara pasangiri ini, seni Kawih Sunda yang memiliki nilai filosofi budi pekerti luhur dalam pengajaran Kawih Sunda. Peserta didik dan guru belajar mengenal jati dirinya paling utama ngamumule budaya sunda, jelasnya

Drs. Kusnadi berharap dengan kegiatan pasanggiri sebagai ajang untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam bahasa dan budaya Sunda. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pemantik untuk kemajuan seni Sunda di Kabupaten Bandung Jawa Barat,”

Berlangsungnya Pasanggiri ini diusung oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Basa Sunda. Merupakan bagian dari upaya menghidupkan Budaya Sunda supaya tetap lesatari dan dicintai oleh warganya.
Drs Kusnadi mencermati MGMP Basa Sunda merupakan MGMP yang aktif dan kreatif. Sebagai ucapan suksesnya acara ini panitia mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang telah memberi warna bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Saya berharap kegiatan Pasanggiri ini terus diprogramkan dan dilaksanakan. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena Kabupaten Bandung Jawa Barat sekarang sedang menggali, mengembangkan, menginventarisir budaya sunda/tradisional yang memiliki nilai jual untuk dijadikan paket wisata.

Pelaksanaan kegiatan ini bagi siswa merupakan tahapan kognitif pada tahap berkreasi, melalui menampilkan keterampilan terbaiknya. Wadah untuk mengembangkan kreativitas bidang seni Sunda masih kurang sekali tersalurkan. Sebagai langkah kemajuannya acara ini menampung ekspresi siswa berupa kegiatan Pasanggiri ini, kata Drs Kusnadi

Sementara ditemui wartawan, ketua MGPM Dede Supriadi S.Pd memaparkan bahwa kegiatan Pasanggiri sangat efektif untuk mensosialisasikan nilai-nilai budaya serta melestarikan seni budaya Sunda terhadap pelajar, khususnya di wilayah Jawa Barat. Ia menjelaskan, acara tahun ini telah dipusatkan di lingkungan SMP Negeri 1 Cimauang jalan Raya Cimauang Pangalengan .

Setelah terselenggara kegiatan ini ditargetkan dapat melestarikan seni dan budaya Jawa Barat, khususnya basa Sunda, dan berharap bagi pelajar bisa mengembangkan dunia pendidikan secara karakteristik dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan siapapun pemenang bisa membawa nama baik kabupaten Bandung di tingkat lebih lanjut. Melalui kegiatan pasanggiri ini, diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang memiliki komitmen kuat untuk melestarikan seni budaya daerah di masa mendatang.

(69)