BPN ICI Lapor KPK Soal Dugaan Korupsi Jalupang Kembali Diungkap

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : H. Entang S:
Koran SINAR PAGI, Karawang,- Mega proyek penataan Tempat Pembuangan Akhir Sampah(TPAS) Jalupang, yang digulirkan Pemda Karawang, dengan menelan biaya lebih dari Dua puluh Miliar, yang bersumber dari APBD Karawang Tahun Anggaran (TA.2015)lalu, hingga saat ini masih terlantar tanpa ada tindakan serta manfaat yang dirasakan Masyarakat Karawang.

Program Pemda Karawang yang layak disebut “Proyek gagal” itu, sempat menuai polemik. Sejumlah Pejabat Pemda Karawang yang terkait proyek itu,harus wara wiri diperiksa Aparat Hukum. Namun Kasus dugaan “korupsi berjamaah” TPAS Jalupang, hingga kini senyap, tak terdengar lagi,seolah ditelan bumi.

Pertanyaan Masyarakat Karawang akan penanganan kasus Jalupang, tidak terjawab. Sementara onggokan cerobong,mesin pencacah sampah serta perlengkapan dan sejumlah bangunan bernilai Puluhan Miliar yang hakekatnya dibiayai oleh Rakyat Karawang, teah menjadi rongsokan tak bernilai tertimbun sampah.

Kepeduian Lembaga anti korupsi, Badan Pekerja Nasional Indonesian Corruption Investigation (BPN-ICI), melalui Direktur Wilayah Jawa barat, Marwan Ali Hasan SH, dikabarkan kembali mengungkap Kasus Dugaan Korupsi TPAS Jalupang.

Menurut Marwan, kepedulianya sebagai Putra Daerah Karawang, pihaknya merasa tergugah untuk kembali lakukan pendalaman atas gagalnya proyek Penataan Jalupang, yang disebut proyek bancakan yang disinyalir jadi lahan korupsi berjamaah.

“Sebagai putera Daerah Karawang, rasa prihatin atas Kondisi TPAS Jalupang yang terlantar tanpa penataan dan perawatan. Dengan Tumpukan sampah yang sudah over leaf dihiasi asap yang terus keluar, dengan aroma busuk yang menyengat, berfotensi menularkan berbagai penyakit.

Tim Kami Mengontrol Jalupang minggu lalu, didapati program penataan Jalupang TA.2015 silam, yang menguras biaya dari APBD, fakta nya program gagal pembuatan cerobong dan mesin pencacah sampah tak pernah berfungsi. Bahkan kondisinya sudah tak terlihat tertimbun sampah”Ugkap Marwan.

Marwan juga menyebutkan bahwa dari mulai perencanaan program penataan Jalupang hingga realisasi Anggaran,TA.2015, sudah terendus aroma konspirasi yang mengarah kepada dugaan tindak pidana Korupsi, yang dilakukan Oknum Pejabat Pemda beserta Rekanan pelaksana. Hingga jadi perhatian Aparat Hukum, sayang nya perkara itu mandul tidak jadi produk Hukum” Ujar nya.

” Perencanaan yang kurang matang serta maraknya tangan tangan kotor,yang diduga gerogoti Anggaran Jalupang. Dugaan penyeewengan mulai ter endus saat progres pelaksanaan pekerjaan baru mencapai 50%, sementara pembayaran sudah dibayar penuh 100%. Sejumlah Pejabat Pemda yang terkait Jalupang, kocar kacir cari selamat dari bidikan Aparat. Ironis nya indikasi kuat dugaan korupsi berjamaah dalam proyek itu, tak satu pun pejabat yang terjerat. Hingga kini kasusnya senyap seolah dipeti es kan” Tandas Marwan.

Berbekal data yang cukup serta fakta lapangan hasil pengumpulan bahan keterangan, BPN ICI kembali melayangkan laporan dugaan korupsi dalam tumpukan sampah Jalupang. yang wajib diungkap agar ada kepastian Hukum.

” Dalam tumpukan sampah Jalupang tertimbun Puluhan Miliar Anggaran yang sia sia. Segelintir Oknum birokrat Pemda yang di duga mencicipi uang dari praktik haram Jalupang masih bebas menari. Bahkan menduduki jabatan strategis, hingga lupa dosa masa lalu, terkait Jalupang.
Sebagai Lembaga yang konsen di bidang korupsi, Pada Hari Kamis (24/10) Pihak kami telah sampaikan laporan disertakan data awal yang cukup kepada KPK. Meminta KPK untuk kembali mengungkap kasus Jalupang suram agar terang benderang” Ucap Marwan.

Dari Pelaporan yang disampaikan pihaknya kepada KPK, Marwan optimis bau busuk dugaan korupsi Jalupang akan terkuak.

“Pelaporan yang kami sampaikan dilengkapi data yang bisa menjadi alat bukti permulaan yang cukup atas adanya dugaan korupsi proyek Jalupang. Pihak KPK sendiri sangat respontatif menerima laporan Kami dan berjanji dalam waktu 30 Hari akan dimulai penyelidikan terkait laporan Kami” Pungkas Marwan..

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90