Ustadz Ruslan: “Aqiqah & 3 Cara Agar Anak Sholih”

Pewarta; Dwi Arifin
Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Memiliki anak yang sholeh merupakan dambaan setiap keluarga muslim. Sehingga orang tua berupaya mewujudkannya dengan berbagai cara yang berdasarkan ajaran islam.

Pada Tabligh Akbar dengan tema “Membina Generasi Sholih” bersama Ustadz Ruslan Gunawan Hafidzahulloh yang berlangsung di Masjida Al-Abror kampung Gandasoli Rt3 Rw 7 Desa Gandasari Katapang pada 15 Oktober 2019.

Dalam kesempatan dakwahnya Ustadz Ruslan Gunawan menjelaskan, pada malam ini merupakan tabligh akbar dan Aqiqah (pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam/keluarga muslim terhadap anugrah dari Allah SWT mengenai bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah). Pada hari ini telah dilaksanakan aqiqah lahirnya anak dari bapak Tubagus Ramdam (Dadam), jelasnya kepada jam’ah

Setelah menjelaskan makna aqiqah, Ustadz Ruslan menayakan kepada jam’ah yang hadir. Ibu-ibu anaknya yang sudah lahir sudah aqiqah belum?… Jam’ah menjawab dengan suara  yang tidak seirama antara sudah dan belum.

Ustadz Ruslan mengungkapkan bisa jadi anak kita saat ini terlalu nakal dan sulit dinasihati, itu karena belum aqiqah. Kalau tidak punya uang boleh minjam uang untuk aqiqah, ya boleh. Karena hukum aqiqah itu sunah muakkad yang seharusnya tidak ditinggalkan oleh orang yang mampu melakukannya.

Aqiqah bagi anak laki-laki dengan dua ekor kambing, sedangkan bagi wanita dengan seekor kambing. Anjuran aqiqah ini menjadi kewajiban ayah (yang menanggung nafkah anak). Waktu aqiqahnya dianjurkannya tujuh hari setelah kelahiran

Pada pertengahan dakwahnya Ustadz Ruslan membagikan cara untuk membina anak yang telah aqiqah agar menjadi sholeh. Yang pertama diawali dengan orang tuanya harus sholeh dulu, kedua harus sering mendoakan dan berkata baik kepada anak setiap waktu dan ketiga harus mengedukasi sejak dini dengan mengenalkan Alloh dengan ajaran islam yang dibawa rosululloh.

Proses penyembelihan hewan aqiqah dilaksanakan santri Syubbanul Uluum dihalaman rumah (15/10/2019)

(35)