Pencairan Dana Desa Tahap III Hingga Kini Belum Terealisasi

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Lambannya pencairan Dana Desa (DD) tahap III, akan berdampak pada laju pembangunan desa, mengingat akhir tahun 2019 tinggal menghitung hari, demikian dikatakan para kepala desa di wilayah Garut Utara Jawa Barat.

“Lambannya pencairan Dana Desa akan sangat berpengaruh terhadap laju pembangunan di desa, terlebih tahun 2019 akan segera berakhir,” kata Kepala Desa Kertajaya, Cecep Kurniansyah.

Kepala Desa Kertajaya, Cecep Kurniansyah

Padahal kata dia lagi, Surat Instruksi Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa No.412.2/7047/BPD, tanggal 10 Oktober 2019, perihal percepatan penyaluran dana desa, yang ditujukan terhadap Gubernur, Walikota/Bupati, sudah diterbitkan.

Disamping waktu yang sudah mepet, cuaca pun akan mempengaruhi dalam pelaksanaan pembangunan, “Apalagi musim hujan kini mulai tiba, sehingga kalau pencaiaran DD lambat, maka pembangunan akan terpengaruh oleh cuaca,” imbuhnya.

Sebaliknya, lanjut cecep, jika dana desa tahap III cepat terealisasi, maka akan cepat pula kegiatannya didesa dilaksanakan, sehingga pekerjaan bisa selesai sebelum akhir tahun ini, pungkasnya, Selasa, (15/10/19) kepada Sigiku.com, melalui telepon selulernya.

(107)