Ujikom di Kecamatan Palabuhanratu Diwarnai Issue Calkades Titipan

Pewarta : Ajid Alfaro

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Tes tertulis pada uji kompetensi Bakal Calon Kepala Desa Gelombang III Zona Palabuhanratu yang diikuti oleh 468 Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) yang berasal dari 91 desa di 17 Kecamatan yang berada di Kab.Sukabumi, sukses digelar, Minggu (13/10/19).

Dari 91 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut 6 (enam) desa diantaranya dari Kecamatan Palabuhanratu dengan 38 orang Calkades.

Menurut Apdesi Kab.Sukabumi, Junajah Jajah Nurdiansyah, peroses ujikom berjalan dengan lancar, dia berharap para Balon Kades yang nantinya dinyatakan lulus uji kompetensi tertulis itu dapat berkompetisi secara sehat dan demokratis, sementara untuk peserta yang tidak lulus harus menerima seluruh hasil penilaian panitia tim seleksi dengan lapang dada.

Ketua Apdesi, Kab.Sukabumi, Junajah Jajah Nurdiansyah

Disinggung soal issu terkait adanya peserta salah satu peserta ujikom titipan dari salah seorang oknum pejabat di lingkungan Pemerintah Kab.Sukabumi, Junajah menepis kabar tersebut.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman dirinya, dalam pelaksanaan tes uji kompetensi itu tidak bisa di intervensi oleh pihak manapun.

“Tidak benar itu, saya jamin tidak ada titip menitip dalam ujikom ini, semua berjalan sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” pungkasya.

Bantahan juga disampaikan Kepala Bidang Adminitrasi Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sukabumi, Dedi Kusnadi. Dia menegaskan, tidak benar ada balon kades yang memamfaatkan onkum pejabat agar bisa lolos seleksi.

“Tidak ada yang bisa mengintervensi penjaringan ini, semua proses ujikom menjadi kewenangan pihak perguruan tinggi,” tandasnya.

Tahapan Ujikom Calkades yang turut dihadiri Kabag Ops Polres Sukabumi, Kompol Sumarta Setiadi, Dandim 0622 Kab. Sukabumi, Letkol Arm Suyikno dan Kasat Intelkam Polres Sukabumi, AKP Jayadin ini mendapat pengamanan personil Polsek Palabuhanratu yang dipimpin oleh Kapolsek Palabuhanratu, AKP Oki Kartikayana.

(124)