cause and effect of exercise essay what's a outline of a essay how to write an essay with a quote prompt write your paper for you essay paper guidelines

Pedagang Kuliner Yang Biasa Berjualan di RW 06 Komplek Bumi Adi Pura 2 Resah

Pewarta : Yanti

Koran SINAR PAGI, Bandung,-Sejumlah pedagang kuliner yang biasa berjualan di sepanjang jalan RW 06 Perumahan Bumi Adipura 2, Kelurahan Rancabolang, Kec. Gedebage, Kota Bandung. Akhir akhir ini resah. Pasalnya omset mereka anjlok 70 %, pasca di relokasi ke tempat Fasum.

Pemindahan pedagang kuliner tersebut seakan akan bersamaan dengan penggantian RW 06 dan Camat Gedebage. Sebelumnya para pedagang yang direlokasi telah berjualan cukup lama di area yang menjadi dasar pengurus RW 06 menegakan Perda 11/2005 dan 11/2011 ttg, Kerapihan Kebersihan dan keindahan lingkungan serta penertiban PKL Namun sejauh ini  tidak ada komplain dari warga sekitar terkait keberadaan pedagang tersebut.

Seorang diantara pedagang yang direlokasi dan enggan di publish namanya, menyampaikan bahwa “Ia  dan rekannya senantiasa menjaga kebersihan dan ketertiban, bahkan iuran yang dipungut Rp 10.0))0,- /hari/pedagang, untuk biaya kebersihan, keamanan dan listrik selalu dibayar. Meski koordinator atau kolektor penagihannya entah siapa yang menunjuk/mengangkat dan kepada siapa hasil penagihan tersebut disetorkan” ungkapnya.

Sementara itu, seorang pedagang lain yang enggan dituliskan namanya menyatakan. bahwa Perda tersrbut lebih pas diterspkan dijalan-jalan protokol yang umum, “ini kan jalan perumahan,” katanya. Masih kata pedagang tersebut, “Pengurus RW mengadaksn rapat beberapa kali dengan  kecamatan, Kelurahan, Polsek. Koramil. Satpol PP developer dan setiap rapat belum pernah lengkap hadir, terutama dari unsur pemerintahan, yang selalu hadir para pedagang.  Anehnya justru ada orang di luar perumahan (dari Derwati)  yang tidak dijetahui apa perannya  lebih terkesan mengintimidasi para pedagang.

Selanjutnya Tim Liputan KSP, mewawancarai warga sekitar tentang keberadaan pedagang yan kini di relojmkasi, (warga RW 05 dan 06) mereka menyataksn tidsk merasa terganggu. Baik dari sisi keindahan dan metertiban. Bahkan merasa terbantu karena merasa mudah kalau perlu maksnan, “gak usah jauh jauh kayak sekarang, ” ujar salah seorang warga

Lebih jauh Tim Liputan KSP, sempat menyampaikan permohonan konfirmasi kepada Camat Gedebage via wa ke tlp selulernya, namun hingga berita ini di rilis. Camat tidak pernah menanggapi. Bahkan Ketua RW 06 yang konon bekerja di Jakarta. sangat sulit ditemui, terutama di hari kerja.

Hendaknya para pemangku kebijakan lebih arif dalam nenerapkan kebijakan, apalagi di era sulitnya kehidupan ekonomi masyarakat saat ini.

(262)