my education essay diagnostic essay example evs pro choice abortion essays drama analysis essay sample frankenstein essay prompts

Bupati Ogan Ilir Hadiri HKG – PKK Ke-47 di Kecamatan Rantau Alai

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI Ogan Ilir,- Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam didampingi ketua TP PKK Kabupaten Ogan Ilir Hj.Mely Mustika menghadiri Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 ang dipusatkan di Kecamatan Rantau Alai, Kamis (10/10/19).

Dalam sambutan Ketua TP – PKK Pusat Ny.Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Ogan Ilir Hj. Meli Mustika , mengharapkan agar peningkatan fungsi kinerja gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata sekaligus bekerja tanpa pamrih. Selain itu peningkatan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah yang semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif dan ketekunan.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019 ini tidak semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja, juga bukan merupakan kegiatan yang hanya syarat dengan serimonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada gaungnya lagi. Kemeriahan dan rasa syukur dalam dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK.

Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya. 

Ujar Ketua Umum TP PKK Pusat yang disampaikan Meli Mustika ,saat membacakan sambutan tertulis Ketua Dewan PKK Pusat Ny.dr.Erni Guntarti Tjahjokumolo di Desa Mekarsari Kecamatan Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (10/10/19).

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019, dengan Tema “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah”.

Tema tersebut mengandung makna, bahwa Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah, lanjut dalam sambutan tertulis Ketua Umum PKK Pusat.

Sebelumnya Penanggung Jawab Kegiatan HUT HKG – PKK  Meli Mustika membacakan sejarah singkat Berdirinya Oragnisasi PKK dan perkembangannya. Bahwa PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) terkenal dengan “10 program pokok” yang hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu penghayatan dan Pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, Pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat, ujar Meli Mustika yang juga sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Ogan Ilir.

Lanjut Meli, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau yang disingkat PKK, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan yang dimulai dari tingkat desa kecamatan kabupaten sampai kepada tingkat nasional.

Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial, sehingga partisipasi masyarakat dalam sebuah pembangunan merupakan prinsip dasar dari gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa, tambah Meli.

Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam, dalam sambutannya menegaskan agar kader-kader PKK dapat meningkatkan motivasi, khususnya PKK dapat untuk melaksanakan 10 program PKK dengan menggelorakan semangat bagi kaum wanita untuk terus bersatu melahirkan putra-putri yang cerdas dengan pendidikan yang berkualitas.

Melalui peringatan HUT PKK ini mari tingkatkan kinerja dan gerakan PKK harus selaras dengan program pemerintah. PKK bisa bangkit dan bergerak jika pemerintah mendukung program ini. Banyak inovasi dari masyarakat Ogan Ilir yang menghasilkan sebuah produk dan menjadikan sumber penghasilan masyarakat di Ogan Ilir, semua OPD harus mendukung program PKK, karena OPD (Dinas Badan/Bagian) adalah dewan penyantun PKK, ujar Bupati.

Hal ini menunjukkan bahwa TP PKK senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan pembangunan di daerah maupun di pusat (Indonesia).

Selain itu, keluarga juga diharapkan dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga dalam arti luas, khususnya dalam hal memilah informasi yang baik dan benar dengan yang HOAK.

Melalui tema HKG-PKK tahun 2019 ini, TP PKK diharapkan untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk pembinaan desa desa percontohan, sehingga dapat menjaga kebersamaan dan kegotong royongan agar agenda kerja pemerintahan melalui sejumlah program pembangunan dapat tercapai.

Dan Salah satu dari Dalam upaya menurunkan angka kelahiran atau total fertility rate sesuai target, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKBP3AD) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Rantau Alai adakan pelayanan KB gratis. Pelayanan untuk masyarakat ini, digelar di halaman Kecamatan Rantau Alai.

Pelayanan KB gratis berupa pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang berupa implant dan IUD. Kepala Bidang Perempuan dan Anak DPPKBP3AD, Bustami,SKM mengatakan, dengan melakukan pelayanan KB gratis, masyarakat dapat terbantu dan kepesertaan ber-KB akan meningkat dan diharapkan target yang telah ditetapkan akan tercapai.

“Kepesertaan ber-KB untuk kaum perempuan maupun pria di Kabupaten Ogan Ilir terus ditingkatkan. Meskipun, pada kenyataannya minat kaum pria untuk ber-KB melalui vasektomi masih rendah,” ungkap

Kondisi tersebut bukanlah kurangnya sosialisasi. Namun, persepsi yang salah di masyarakat bahwa melakukan Metode Operasi Pria (MOP) kejantanan pria tidak akan berfungsi. Serta kekhawatiran istri, suaminya akan berselingkuh.

“Hal-hal inilah yang harus diluruskan dan diberikan pemahanan kepada masyarakat. Maka, seluruh instansi yang terkait harus bekerja keras lebih lagi,” katanya. 

(53)