Rakornas Tahun 2019 Koran SINAR PAGI Perkuat Biro Daerahnya

Pewarta: Dwi/Pian

Koran SINAR PAGI (Sukabumi)-, Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Koran SINAR PAGI sukses dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 September 2019 di Hotel Cleopatra, Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sekaligus Milad ke 7 (tujuh) media ini.

Melalui kegiatan Rapat Koordinasi Nasional sekaligus Milad ke VII Koran SINAR PAGI yang merupakan kegiatan tahunan menjadi langkah mengevaluasi kinerja jajaran Koran SINAR PAGI untuk lebih berkembang kedepan. Pertemuan ini juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat seluruh personil Koran SINAR PAGI dan www.koransinarpagijuara.com di tingkat redaksi hingga biro daerah.

Acara dihadiri penasehat Koran SINAR PAGI, H. Sarfin,S.E, Pemimpin Umum Koran SINAR PAGI, Drs Usep Wawan M.M, Pimpinan Redaksi media cetak dan online koran Sinar Pagi, Wawan Nurjaman S.Sos M.M, sekertaris redaksi Andi Sopian, wartawati senior Lina Herlina, biro daerah tingkat provinsi hingga tingkat daerah kabupaten/kota.

Dalam acara tersebut Pimpinan Redaksi, Wawan Nurjaman S.Sos M.M menyampaikan “banyak kemajuan media cetak karena dukungan kekuatan media onlinenya. Kemajuan media online kita sudah terlihat dari produktifitas berita dari biro daerah yang dikelola oleh admin media online di Sukabumi. Dan pengembangan media cetak yang dikelola langsung oleh redaksi di Bandung”

Semua berjalan saling mendukung dan menghadirkan kekuatan baru setiap waktu. Alhamdulillah contohnya di Bandung media online kita sudah diposisikan sejajar dengan media yang selama ini dikonsumsi publik.

Jadi semakin dewasa semakin panjang umurnya Koran SINAR PAGI selalu siap untuk menghadapi persaingan antar media. Sumber daya manusia di media kita sudah unggul sehingga dapat memperluas relasi yang berdampak langsung berupa bahan bacaan yang bermanfaat kepada masyarakat melalui peran sosial kontrolnya.

Sebagai Pimred Wawan Nurjaman mengapresiasi banyaknya kontribusi dari biro di daerahnya. Semuanya berperan sesuai kemampuan dengan strategi pengembangannya yang berbeda-beda. Baik wartawan muda, wartawan senior dan biro daerah semuanya sudah sangat memajukan koran SINAR PAGI baik cetak atau online.

Pada rakornas tersebut, ada harapan kedepannya media ini bukan media yang harus ditakuti, tapi harus disegani. Kalau ditakuti bisa saja mereka yang takut menjadi eksekutor kita. Tapi kalau disegani kita bisa saling menguatkan dan memberi manfaat. Media ini bukan perlu ditakuti dan dibenci. Tapi harus disegani dan dicari-cari hingga dirindukan setiap waktu karya jurnalistiknya.

Kedepannya media ini harus mampu mengkritisi kebijakan ekonomi yang tidak memberikan manfaat kepada masyarakat. Jangan sampai penjajahan masuk melalui ekonomi. Sehingga pribumi menjadi jongor di negerinya sendiri. Kita arahkan media ini untuk membangun kesejahteraan masyarakat ungkap H.Sarfin S.E penasehat media dihadapan wartawan

Pada kesempatan itu Pimpinan Umum Koran SINAR PAGI, Drs. Usep Wawan M.M menyampaikan agenda kedepan perihal pentingnya unsur pimpinan media mengunjungi biro daerah di tinggkat provinsi khususnya diluar pulau Jawa. Saat ini daerah yang berkunjung ke kita, kedepannya kita yang berkunjung ke biro daerahnya.

Dalam rakornas tersebut wartawan Koran SINAR PAGI pengurus IPJI Kota Depok, Anis menyampaikan bahwa kedekatan wartawan dengan pejabat menjadi legalitas untuk kesinergisan antara media dan pemerintah daerahnya.

Pada kesempatan rakornas itu juga Kepala Biro Garut, Agus Lukman menjelaskan “Koran SINAR PAGI di Garut sudah menjadi bahan bacaan publik yang unggul sejajar dengan Galamedia, Harian Garut dan menjadi referensi penyiar radio untuk dibacaan beritanya melalui udara. Jadi koran SINAR PAGI di Garut ini sudah membangun kerjasama dengan radio, unsur yudikatif, legislatif, eksekutif dan lapisan masyarakat secara luas. Apalagi pemerintah pusat kepersidenan juga sudah sering menyampaikan kegiatannya kepada biro Garut. Semua berjalan dengan kemitraan yang didasari sosial kontrol”

Disisi lain kepala biro Bandung Barat Deni H.M menyampaikan kita harus mendukung kinerja Pimpinan redaksi untuk esksistensi media ini. Selagi koran SINAR PAGI masih terbit, kita dukung Pimred untuk menduduki jabatannya seumur hidup, ucapnya saat berbincang dengan wartawan di pesir pantai sambil mendo’akan agar Pimred berumur panjang dan berkah hidupnya.

(48)