Tekanan Banyak Pihak, Status Pos Koramil 0818/34 Junrejo, Diusulkan Menjadi Kantor Koramil

Foto: Ilustrasi Pos Koramil Junrejo 0818/34

Pewarta : HI

KORAN SINAR PAGI, BATU,- Belum disyahkanya Pos Koramil, 0818/34 agar menjadi Kantor Koramil, yang berada di wilayah Jl. Dr. Sutomo Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Jatim, yang diresmikan langsung penggunaanya pada tanggal 28 November 2013, oleh Walikota Batu Eddy Rumpoko,kala itu. Menurut kabar dan usulan yang sedianya Pos Koramil tersebut, untuk ditingkatkan menjadi Kantor Koramil,”ucap Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Arm.Chairul Efendi, pada KORAN SINAR PAGI, Kamis ( 12/9).

Tetapi, beber,” Chairul Efendi, Pemerintah Kota Batu melalui pemangku wilayahnya dalam hal ini Kecamatan Junrejo, mengingatkan,” jika menginginkan Pos Koramil 0818/34 Junrejo ditingkat menjadi Kantor Koramil yang tetap, maka, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti setatus tanahnya harus dihibahkan secara syah pada Kodim 0818, dan luas lahan minimal ada 500 meter, tapi kondisi yang ada Pos Koramil Junrejo berdiri di atas lahan dengan luasan 300 M2, masih terdapat kekurangan lahan 200 M2, serta sesuai kemajuan dan dinamika kewilayahan,”papar Pabung,Chairul Efendi.

Dasar hal ini, yang bisa dilakukan usulan untuk menjadi progres status saat ini Pos Koramil 0818/34 Junrejo, dan masih dijabat oleh Peltu Joko Ismanu. Dan jika nantinya proses peningkatan status Pos Koramil ini meningkat jadi Kantor Koramil yang sudah sesuai peraturan pusat maupun syaratnya, maka akan di isi pejabat Komandan Koramil (Danramil) dengan pangkat Kapten, “tegasnya.

Karena, masukan dan usulan status Pos Koramil 0818/34, untuk menjadi Kantor Koramil, sudah lama diusulkan oleh Pemkot Batu, melalui Kecamatan Junrejo, namun masih terkendala setatus tanahnya belum dihibahkan secara syah sesuai payung hukumnya, serta luas lahanya yang juga menjadi gendala, “jelasnya. Maka kami sebagai Pabung Kodim 0818 wilayah Kota Batu, menghimbau pada Pemkot Batu untuk segera melengkapi syarat yang dimaksud, agar Kantor Koramil bisa terwujud, “pesannya.

Pada rencana semula, Pemkot Batu melalui Camat Jurenjo, Arif Rahman mengatakan, sesuai dinamika yang ada saat ini, wilayah Kecamatan Junrejo yang berpenduduk sekira 50 ribu jiwa, sudah sangat membutuhkan sekali adanya kantor Koramil 0818/34 yang resmi seperti di wilayah Kecamatan Batu dan Kecamatan Bumiaji.

Karena, tuntutan dan kebutuhan masyarakat wilayah Kecamatan Junrejo, sudah wajar dan harus Pos Koramil 0818/34 yang ada saat ini,bisa ditingkatkan menjadi kantor Koramil. Tuntutan ini cukup mendasar,” Jelas Camat Junrejo, Arif Rahman. Karena di wilayah Junrejo sudah ada gedung-gedung strategis, seperti, ada Kantor DPRD, Kantor Polres, Banyaknya Gedung sekolah- sekolah negeri mulai SD,SMP,SMA, maupun Suwasta, juga kampus perguruan tinggi (UIN), perhotelan, dan maraknya bertumbuhan barang dan jasa (Bajas).

Maka dengan kondisi saat ini di wilayah Kecamatan Junrejo, membutuhkan kantor Koramil 0818/34 agar bisa ditingkatkan setatusnya, “sesuai harapan Arif Rahman. Disinggung lagi, ketika status Pos Koramil saat ini, yang masih diusulkan peningkatanya oleh Kodim 0818 wilayah Kab.Malang-Batu.

Ditambahkan, oleh Arif Rahman, masalah luasan lahan yang dibutuhkan sudah diusulkan pada bagian aset Pemkot Batu,sebagai otoritas pencatat data aset milik kota Batu. Sedangkan jika luasan lahan yang sudah digunakan oleh Pos Koramil saat ini, masih ada kekurangan luasan lahanya.

Maka menyikapi hal ini, Camat Junrejo,Arif Rahman, akan memproses pengajuan pada Pemkot dan dinas terkait, terutama kantor Penyuluhan KB yang posisinya berhimpit dengan Pos Koramil 0818/34, akan diusulkan untuk dipindahkan menjadi satu di komplek perkantoran di kantor Kelurahan Dadaprejo.

Foto: Gedung Penyuluhan KB Berhimpitan dengan Pos Koramil 34 Yang diusulkan untuk dipindahkan.

Dan ketika proses pemindahan kantor Penyuluhan KB dan setatus tanah bersertifikat yang dihibahkan dari Pemkot Batu, pada Kodim 0818 nantinya, maka persaratan Kantor Koramil 0818/34 Junrejo, dengan luas 500 meter. Sesuai akte hibah dan payung hukum yang menguatkan, agar di belakang hari kantor Koramil nantinya tidak bermasalah dengan hukum. Dan hal tersebut, akan lebih mudah dan cepat terwujud sebagai kantor Koramil wilayah Junrejo yang diharapkan banyak pihak,”singkat Arif Rahman.

 

(86)