my address is 123 help formal business essay format places to put resumes online political science essay topics textual analysis essay topics

Kisah Inspiratif Dede Hartini Menyelami Literasi Jurnalistik Perfilman

Pewarta: Dwi Arifin Satrio

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)- Dunia literasi dan jurnalistik kadang menjadi jalan kaum intelektual untuk meraih cita-citanya. Namun hanya sedikit yang mampu menempuh jalan ini karena kurangnya minat dalam membaca untuk mengumpulkan perbendaharaan kata yang berbuah ilmu. Apalagi yang mampu membangun gagasan lalu diabadikan melalui karya tulis atau dunia perfilman.

Dede Hartini (23), wajahnya terlihat memiliki daya tarik. Senyumnya terukur rapi, canda tawanya mengemaskan, sikap dewasa dan kekanakannya melebur dalam sebuah intelektual. Sehingga menjadi sebuah keistimewaan dalam dirinya.

Dede Hatini disela-sela kesibukannya mengembangkan dunia literasi jurnalistik. Memberikan waktu khusu kepada wartawan medai cetak dan Online Koran SINAR PAGI untuk interaktif perihal karya jurnalistik hingga prestasi pribadinya di kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat, Jl Kwaluyaan  Indah II No. 4 Soekarno Hata Kota Bandung pada 7 September 2019.

Gadis cantik dan imut asal Bandung ini ternyata seorang penulis. Sekilas tampak Dede seperti seorang anak perempuan yang berusia 6 tahun. Fisiknya yang mungil dan imut ini, tidak sama sekali menghalanginya untuk menjadi seorang penulis. Berawal dari hobinya menulis, Dede kini terlatih untuk menjadi seorang penulis.

Hingga sekarang ini dia pun sudah menjadi seorang penulis sinopsis program FTV di SCTV. Tiga di antara tulisannya yang menjadi program FTV. “Awalanya hanya ikut-ikutan saja dengan temannya mengisi tulisan di cebung dan sosial media,” Ungkapnya

Menurut Dede dunia menulis merupakan kehidupan kaum intelektual yang perlu dibanggakan. Suka baca, menulis, dan menyebar luaskan gagasan dengan moto “Untaian kata indah dariku untuk mereka (pembaca) menjadi warna warni kehidupanya”

Selain menulis Dede aktif sebagai mentor menulis pada kegiatan Dispusipda Jabar di Lantai 4 aula Graha Pustaloka. Bukan hanya itu Dede juga aktif di Badan Ekonomi Kreatif sebagai penulis 50 besar dari 500 penulis.

Sehari harinya dengan pena dan buku membawa kepada lingkungan yang terdidik dan kondusif untuk mengembangkan ilmu dan cita-citanya. Terahir karya istimewanya ialah membuat karya tulis bersama-sama diacara Badan Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan di Bogor.

Hobi menulisnya sudah dimulai sejak dia duduk di bangku SMP. Dede mengaku mulai mengikuti seminar-seminar kepenulisan dan mengikuti beberapa komunitas kepenulisan. Diantaranya komunitas penulis kreatif hingga jaringan penulis Indonesia. Dia juga sempat mengikuti pelatihan di Rumah Belajar yang diadakan di Dispusipda Bandung selama 6 bulan lamanya.

Dari sanalah muncul motivasi yang paling kuat untuk menjadi seorang penulis. Namun Dede mengatakan menjadi penulis bukan untuk dijadikan profesi, tetapi untuk berbagi dan agar dapat dikenali orang. Dia suka bertemu dan membangun relasi dengan orang-orang, walaupun sekedar saling berbincang atau berbagi cerita.

Dalam aktivitas beberapa komunitas yang diikutinya, dia merasa bangga bisa bertemu dengan orang-orang hebat di sekelilingnya. Kegiatan-kegiatannya dalam komunitas dan bisa berkenalan dengan orang baru dan hebat menjadi pemicu semangat hidup dan menulisnya.

Jalan hidupnya aktif di dunia literasi dan jurnalistik membuat kebahagian sendiri bagi kedua orang tuanya sebagai pengabdian berbakti dan membahagiakan kedua orang tua dari anak bungsunya. Kedepannya Dede punya cita-cita untuk menjadi penulis yang bukunya tersebar diseluruh Indonesia atau membuat skenario Film yang ditayangkan melalui layar lebar hingga TV Nasional

“Tidak ada kata menyerah walaupun puluhan kali gagal. Selagi masih bisa bernafas cita-cita terus diwujudkan” bisiknya kepada wartawan dihadapannya sambil tersenyum sempurna.

Agar lebih mengenalnya Dede Hartini memiliki blog pribadi untuk mengembangan dunia kepenulisannya di http://dedehartini.blogspot.com/ jaringanpenulis.com yang bisa dinikmati oleh kaum pembaca. Dede meyakini dirinya memiliki bakat menulis dan sejenisnya. Baik penulisan novel Arabian Prince Love, artikel, puisi dan cerpen. Juga mengembangkan sayap di dunia public speaking. Dan juga menerima jasa menulis dan dapat dihubungi di detin32@gmail.com Instagram dan Wattpad @Hartinidede

(29)