problem solution essay assignment writing a grant proposal template how do you write an introduction for an essay how to write opinion essay nerd writer 1

Mengintip Situasi Politik Jelang Pilkada Kab.Sukabumi 2020

Oleh : Fikri Maulana
Ketua BEM HMI, Kecamatan Palabuhanratu Fikri Maulana

Masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kab.Sukabumi sebentar lagi tiba. Rasa penasaran masyarakat Kabupaten Sukabumi saat ini sedang memuncak tentang siapa sosok yang akan running di Pilkada 2020.

Secara positif, perasaan publik ini adalah peluang bagi para bakal calon dalam membangun cerita yang menggugah hati pemilih.

Melalui narasi wacana yang tepat, masyarakat Kabupaten Dukabumi akan terdorong untuk mempelajari sejauh mana kapasitas kandidat yang akan maju.

Modal sosial, ekonomi, budaya dan simbolik tentu masih menjadi indikator penting kandidat pada upaya merebut simpati pemilih.

Selanjutnya, kandidat harus benar-benar membaca arus opini yang berkembang di masyarakat.

Hal yang menarik di Pilkada Sukabumi tahun depan adalah adanya 2 nama calon petahana yang running. Pasangan yang berjuang bersama untuk mendapatkan kursi Eksekutif di Pilkada tahun lalu berakhir pecah di Pilkada Sukabumi 2020 nanti.

Jadi kemungkinan head to head antara petahana melawan petahana jika tidak ada poros ketiga, tapi jika ada poros ketiga maka satu diantaranya akan ada yang diuntungkan sekaligus ditumbangkan, tergantung seberapa bagus racikan politik serta elektabilitas mereka masing-masing.

Tapi yang terpenting saat ini adalah tinggal sejauh mana para bakal calon yang akan bertarung memaparkan motifnya maju menjadi Bupati/Wakil Bupati Sukabumi Kemudian, menyusun proposal kampanye bakal calon berupa visi, misi dan program yang akan dipromosikan ke publik Sukabumi.

Kebih lanjut, beberapa nama-nama bakal calon Bupati Sukabumi telah mencuat ke publik, di antaranya Marwan Hamami (Bupati Dukabumi), Adjo sardjono (Wakil Bupati Sukabumi), Anjak Priatna Sukma (Politisi PKS), Reni Marlinawati (Mantan anggota DPR RI), Muhamad Kamaludin Zein (Dirut PDAM).

(39)