Bupati OI Panen Padi Sekaligus Melebung Ikan Bersama Masyarakat

Pewarta: Tim

Koran SINAR PAGI, Kab.Ogan Ilir,- Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam melaksanakan Panen Padi serta mengolah lebung bersama masyarakat Ogan Ilir, Sabtu (24/08/19).

Melebung ikan air rawa di saat akhir masa panen padi yang sudah mentradisi sampai saat ini masih dilestarikan masyarakat “Caram Seguguk”, dimana saat, kondisi air lebak atau sawah mulai mengering hingga yang tersisa hanya genangan air (kolam ikan di tengah sawah).

Acara Panen Raya dan Melebung di Lebak Rumbai Desa Sungai Rotan ini diprakarsai oleh Camat Rantau Panjang, Zaki Mubarak, dan dihadiri langsung oleh Bupati Ogan Ilir HM.Ilyas Panji Alam, Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan, Rahmad, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Fahrudin SE, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, H Ernadar, Kepala Inspektorat Kabupaten OI M Ridhon, Babinsa Sungai Rotan, Kopda Winarno, Kepala Desa Sungai Rotan, Suhaibi, Ketua Kelompok Gapotan, Karbi, Kepala Desa se Kecamatan Rantau Panjang dan Masyarakat Desa Sungai Rotan.

Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam berbaur bersama masyarakat dalam acara panen raya padi dan melebung ikan di Desa Sungai Rotan

Pada kesempatan itu Bupati Ogan Ilir mengunting pita tanda dimulainya Panen Raya dengan jenis Parian IP 100 di lebak rumai bersama kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan dan Camat Rantau Panjang.

Selanjutnya Bupati memberikan aba – aba tanda dimulainya melebung yang sudah dibersihkan lebih dahulu, dengan serentak ikan pun mulai dipanen oleh warga dengan cara menangkap langsung secara beramai – ramai mengolah lebung Lebak Rumbai.

Masyarakat rela berbasah – basah demi mengambil ikan – ikan yang tersedia di dalam lebung, mulai dari ikan Gabus, Sepat, Belut, Lele dan jenis ikan air rawa lainnya.

“Tentu, hasil ikan yang banyak menjadi harapan bagi semua pemilik lebung, namun yang paling utama adalah kegembiraan, pada saat berlangsungnya melebung itu sendiri,” kata Karbi pemilik Konsen di Lebung Sungai Rotan sekaligus ketua Gapotan kecamatan Rantau Panjang.

Selanjutnya, ikan yang dihasilkan dari melebung, diolah untuk dikonsumsi secara bersama-sama sesuai selera, ada dimasak pindang, panggang, lalu dicampur dengan sambal khas terasi dan nasi putih. 

Menurut Kepala Desa Sungai Rotan, Suhaidi, kalau musim kemarau datang, selain panen padi disawah juga mendapat ikan yang terkumpul didalam lebung.

“22 konsen lebung Lebak Rumbai Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir menghasilkan ikan lebih dari 700 Kg bahkan hinggga 1 Ton saat panen di musim kemarau,” ujarnya

(115)