Ketua DPRD OI Dampingi Bupati Serahkan Remisi Kepada 435 WB Lapas Kelas II A Tanjung Raja

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Ketua DPRD OI H.Endang PU Ishak mendampingi Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam, menyerahkan Remisi Kepada 435 Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sabtu (17/08/19).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tanjung Raja, Budi Sarjono mengatakan, remisi hukuman itu diberikan kepada Warga Binaan yang tergolong berkelakuan baik dan tidak pernah melanggar aturan.

“Kami mengharapkan kepada Pemerintah Daerah Ogan Ilir untuk menyediakan tanah untuk dibangun Lembaga Pemasyarakatan yang baru agar keamanan serta kenyamanan bisa terjamin dan lebih layak untuk di huni oleh warga binaan,” ucapnya.

Diungkapkan, pada HUT RI ke 74 ini ada 435 orang napi yang mendapat remisi, 4 orang napi mendapat remisi bebas, sisanya 431 mendapat remisi pengurangan masa tahanan.

“Jadi ada 4 orang yang langsung bebas dan yang mendapat pengurangan masa tahanan sebanyak 431 orang,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam menuturkan Lapas Kelas II A Tanjung Raja ini didirikan tahun 1948 dan tidak ada perubahan sama sekali, sehingga sudah tidak layak huni lagi.

“Dan kami tadi meresfon ada  permintaan untuk Pemerintah Kabupaten guna membantu lembaga Pemasyarakatan klas IIA Tanjung Raja ini, kami persilakan untuk layangkan surat kepada pemerintah kabupaten umtuk penyediaan lahan atau bahkan berikut bangunannya,” ucapnya.

Bupati juga berharap kepada Kalapas agar memperhatikan kesehatan para warga binaan di lapas ini, dengan cara melakukan MoU dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Ogan Ilir.

“Saya juga kagum pertama masuk ke lokasi ini, alunan rebana terbangan. Bukan hanya itu, saya juga lihat banyak sekali ustad-ustad disini yang semuanya dari warga binaan. Ini baru momen kemerdekaan, sebab warga binaan juga berhak atas kemerdekaan ini,” pungkasnya.

(10)