Bupati Sumedang Buka Sosialisasi Dan Analisis Layanan Sertifikat Elektronik

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir membuka Sosialisasi dan Analisis Layanan Sertifikat Elektronik di Aula Tampomas Setda, Kamis (15/8/19), yang terselenggara sebagai hasil kerja sama antara Pemkab Sumedang dengan Balai Sertifikasi Elektronik pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, landasan Pemkab Sumedang melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut adalah Visi Misi Sumedang Simpati.

“Berkaitan dengan kegiatan ini saya ingin fokus pada misi yang ke empat, yaitu Profesional Apraturnya dalam arti responsif dan sensitif terhadap kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Birokrasi yang responsif adalah birokrasi yang dapat merespon setiap masukan dan permasalahan yang ada. Bahkan lebih dahulu tahu sebelum masyarakat meminta. Inilah namanya sensitif.

“Birokrasi yang baik tidak hanya merespon tetapi harus penuh tanggung jawab dalam menindaklanjuti sesuai tugas pokok dan fungsinya,” tuturnya.

Penggunaan teknologi, khususnya Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), pada instansi pemerintah sangat diperlukan dengan maksud memberikan pelayanan yang mudah, murah dan cepat kepada masyarakat.

“Dengan layanan sertifikat elektronik diharapkan dapat menunjang pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Kita ingin mengubah budaya kerja manual ke budaya digital,” paparnya.

Terakhir Bupati berharap dengan sosialisasi tersebut, penerapan aplikasi e-office di semua perangkat kerja daerah bisa terwujud.

“Program e-office sudah kita mulai dari Setda dan DPMPTSP. Saya harap semua SKPD di Kabupaten Sumedang ke depannya sudah mempergunakan e office,” katanya.

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga orang narasumber yakni Sandi Prasetiawan, Kasi Pelayanan Elektronik pada BSrE BSSN, Siswandi Agung Hidayat, Sandiwan Pertama pada BSSN, dan Rahmat Ananda, Pengelola Data pada BSSN.

Sedangkan peserta sosialiasi terdiri atas para Kepala SKPD dan pelaksana teknis di tiap SKPD, programmer e-office.

(5)