description of a person essay essay examples grade 11 how to write a reflective letter essay about france rhetorical analysis topics for essay

Atasi Kebakaran Lahan PTPN 7 Cinta Manis Siagakan Personil

Foto : Domu Junifer, Asisten Umum PTPN 7 Cinta Manis

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan, Perkebunan dan Lahan saat musim karau tiba, disamping untuk menjaga kualitas produksi penggilingan Tebu, PTPN 7 Cinta Manis Siagakan Personil Pemadam Kebakaran, Jumat (02/08/19).

“Untuk mengantisipasi Karhutbunlah, PTPN 7 Cinta Manis telab menempatkan tim patroli, berjaga – jaga mengawasi titik- titik penebangan yang ada di masing – masing rayon,” ujar Domu Junifer, Asisten Umum PTPN 7 Cinta Manis.

Menurutnya, saat ini Tim Patroli yang dibentuk PTPN 7 berjumlah 24 orang, dibantu dengan 2 unit kendaran patroli, “Disamping itu kita juga mendapat bantuan kerjasama bersama Kodam dengan menempatkan 21 anggota TNI Armed membantu pengamanan dititik – titik rawan,” tambahnya.

Selain itu, tambahnya, pengamanan juga dibantu oleh 8 (delapan) Personil Polres Ogan Ilir, yang ditempatkan di Pospol Cinta Manis.

“Semua regu ini dibantu lagi pleh petugas jaga api di masing – masing rayon, yang berasal dari warga sekitar yang diberdayakan dan dimaksimalkan untuk membantu PT memantau titik -titik api kebakaran,” kata Domu.

Untuk menambah kekuatan, setiap tim di masing – masing rayon disiapkan traktor pemadam lengkap dengan petugas PMK nya.

“Untuk PMK (Pemadam Kebakaran) di Induk, ada 4 unit Mobil PMK, 2 Unit Mobil milik perusahaan dan 2 unit lagi kita sewa dari luar, ini semata- mata hanya untuk membantu mengurangi dan meminimalisir potensi – potensi kebakaran,” tandasnya.

Disebutkan, sejak dibentuknya tim siaga kebakaran Selasa lalu, angka peristiwa kebakaran turun drastis, “Untuk Bulan Agustus, baru terpantau kemarin hari Kamis (01/08/19) dirayon dan sudah bisa dikendalikan,” kata Domu lagi.

Kejadian pada Bulan Juli ucap Domu, itu menjadi pelajaran besar bagi pihaknya, kedepan dia berharap tidak lagi terjadi, “Paling tidak, kita cepat untuk memadamkan api,” ujarnya.

“Kita ketahui lokasi PTPN 7 Cinta Manis ini terbuka, masyarakat bisa melintas tanpa diketahui kepentingannya, ini berbeda dengan perusahaan – perusahan lain, kita berharap dengan adanya tim ini yang tiap hari bisa di evaluasi, sehingga mengurangi jauh dari sebelumya, kita sama – sama monitor kalau ada informasi dari masyarakat segera sampaikan kepada kami,” pungkasnya.

(41)