how to cite wikipedia in an essay apa format body of the paper for and against technology essay buisness report writing

Ketua Apdesi Cibatu : Dari Studi Banding Mendapat Celah Untuk Pertumbuhan Wisata

Foto : Ketua Apdesi Kec.Cibatu, Sunarkawan

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Seluruh perangkat desa se-Kecamatan Cibatu berangkat Studi Banding ke Jogjakarta, Jumat (28/7/19) kemarin malam. Bukan untuk berwisata, melainkan meninjau bagaimana potensi daerah yang dikunjungi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Ketua Apdesi Kecamatan Cibatu sekaligus Kepala Desa Wanakerta, Sunarkawan mengatakan, studi banding tersebut akan mengunjungi berbagai wisata hingga kuliner yang dikelola oleh Bumdes dan menilai bahwa Kecamatan Cibatu memiliki banyak potensi khususnya di sektor wisata.

“Di kita ini potensi alamnya sangat banyak, seperti Silayung Park, arung jeram Sungai Cimanuk, Curug Kancil, Kampung Bali dan sebagainya, tinggal masyarakat yang utamanya pemerintahan desa harus berinovasi,” ucapnya, Senin (29/7/19).

Menurutnya, Sekecil apapun potensi itu bisa dijadikan uang, seperti halnya wisata Merapi yang hanya naik mobil kendaraan melalui jalan-jalan yang bekas lahan Merapi tetapi bisa menghasilkan uang, dalam 1 bulan bisa mencapai Rp.1,2 miliar, padahal di Garut lebih bagus dari itu.

“Disini, ada potensi di depan mata yaitu arum jeram Sungai Cimanuk yang mungkin saja memiliki banyak potensi dan akan menghasilkan pendapatan baik untuk desa maupun untuk masyarakat, seperti halnya di sana terdapat Sungai Elo yang kecil menghasilkan uang sangat besar yang dikelola oleh Bumdes dan penghasilan 1 bulan mencapai Rp.625 juta,” tandasnya.

Usai studi banding, melihat wilayah Cibatu tak kalah memiliki potensi wisata di setiap desanya, pihaknya akan mengundang seluruh kepala desa dan pihak pariwisata untuk upaya mengembangkan suatu desa menjadi desa wisata.

Untuk membangun sektor wisata itu membutuhkan dana yang besar, untuk itu dibutuhkan bantuan dan dukungan dari kabupaten maupun pusat serta perlunya satu pemikiran antara pemerintah desa, tokoh dan masyarakat, apalagi kedepan Jawa Barat akan mengedepankan sektor wisatanya.

“Dengan adanya sektor wisata akan menggenjot PADes dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

(175)