how to write a well written paragraph international business essay topics paraphrase an essay essay for graduate school admission craigslist resume writer how to quote book in essay

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Bumdes, 114 Kades Studi Banding ke Jawa Barat

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, mengirimkan sejumlah kepala desa untuk studi banding ke Jawa barat dalam rangka meningkatkan mutu serta perluasan wawasan terkait dengan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) dan tata kelola keuangan pada tahun 2019 ini.

“Pengiriman kepala desa ke Jawa Barat ini untuk belajar melakukan hal – hal yang baik, serta menjaga keakhrifan desa, terutama di desa-desa atau daerah yang sudah maju untuk bisa dijadikan desa atau daerah percontohan di Indonesia, Pembangunan Daerah Tertinggal,” ujar Bupati OI, Juma’t (19/07/19).

Menurutnya, pemerintah pada tahun 2019 akan lebih fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. “Dengan studi banding, para kepala desa bisa menambah wawasan dalam menciptakan suatu ide atau bisa lebih berinovasi untuk membangun desanya pasca studi banding ke daerah yang lebih maju,” tambahnya.

Minggu Depan, Kata Trisno Filhaq, Kepala Dinas (PMD) Pemberdayaan Masyarakat Desa, direncanakan akan diberangkatkan kloter ke 2 (dua), “Sebanyak 113 kades lainnya dari 9 kecamatan akan diberangkatkan juga pada bulan ini,” ungkapnya.

“Di Jawa Barat yang memiliki daerah atau desa yang maju, nanti mereka bisa belajar bagaimana tata cara pengelolaan keuangan dan pelaksanaan badan usaha milik desa serta keberhasilan lainnya yang bisa di jadikan contoh untuk desanya nanti,” terangnya.

Dicontohkan, telah banyak desa yang bisa dikreasi jadi tempat wisata. “Banyak potensi yang ada di desa yang bisa dikreasikan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, salah satunya menjadikan desa sebagai obyek wisata,” paparnya.

(110)