Specialis Pembobol ATM Diringkus Jajaran Satreskrim Polres Ciamis

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis berhasil mengamankan 6 orang yang diduga melakukan pencurian uang di berangkas mesin Anjungan Tunai Mandiri(ATM) dengan cara mengganjal serta menggunakan obeng dan Tali.

Demikian disampaikan Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso didampingi Kasat Reskrim, AKP Hendra Viramanto dan Paur Humas, IPTU H.Iis Yeni Idaningsih, saat menggelar jumpa pers di Aula Polres Ciamis, Kamis (18/07/19).

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo mengungkapkan, modus operandi yang dilakukan oleh para tersangka pencurian yaitu dengan cara mengganjal tempat keluarnya uang di ATM dengan obeng kemudian diikat dengan tali.

Kasus ini terungkap berdasarkan laporan dari karyawan di salah satu BUMN kepada pihak Aph dengan pelaporan dugaan pencurian dengan nomor laporan lp/114/B/V/2019/JBR/RES CIAMIS,Tgl 23 Mei 2019 dan LP/142/B/V/2019/JBR/RES CIAMIS,Tgl 21 Juni 2019.

Dari Laporan tersebut jajaran Satreskrim Polres Ciamis mengembangkan kasus tersebut dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi berikut rekaman CCTV yang ada sekitar mesin ATM.

Setelah dilakukan pengembangan pada saat tim satreskrim polres Ciamis melakukan pengintaian di alah satu rumah makan yang dicurigai menjadi tempat pelaku berkumpul tepatnya di wilayah Baregbeg fan, ditemukan beberapa orang yang mirip dalam rekaman CCTV.

Selain itu, gerak geriknya pun mencurigakan, selanjutnya, saat akan dilakukan investigasi para pelaku melakukan perlawan kepada petugas namun berhasil dilumpuhkan.

Terhadap para tersangka kemudian dilakukan BAP dan hasilnya mereka mengaku telah melakukan aksi pembobolan ATM sebanyak 21 kali di wilayah hukum Polres Ciamis.

Saat ini jajaran Satreskrim Polres Ciamis telah mengamankan 6 orang pelaku dan dari para tersangka berhasil diamankan uang sebagai barang bukti sejumlah Rp.4.200.000, sebuah obeng dan kawat serta tali dan pakaian yang dikenakan para pelaku saat beraksi, pungkas Kapolres.

(10)