video games do not cause violence essay behaving in science class essay development personal situation essay how to format essay name starting off a research paper kant essay organization

Uniga & North Stars Jalin Kerjasama Kembangkan Sistem UBT & U-Learning

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Untuk menjawab tantangan global pada era komunikasi yang serba cepat dan transparansi seperti saat ini, diperlukan sistem pendidikan yang efektif dan efisien, salah satunya sistem Ubiquitous Base Test (UBT) & Ubiquitos-Learning (U-Learning) Platform.

Berkaitan dengan hal tersebut Universitas Garut (Uniga) bersama dengan STT Garut melakukan kerjasama dengan perusahaan North Star, Jum’at, (12/7/19) di Gedung STT Garut Jl. Mayor Samsu Garut.

Selain dihadiri Rektor Universitas Garut Dr.Ir.H Abdusy Syakur Amin,M.Eng dan Ketua STT Garut Dr.Hilmi Aulawi,ST, acara kerjasama tersebut juga dihadiri oleh Un Joo Lee CEO NSDevil, Kevin Sin salah satu direktur NSDevil sekaligus pemagang paten dari teknologi UBT & U-Learning, Kai Lee representative NSDevil di Indonesia, Dr.Nizar Alam Hamdani, MM.,MT. Wakil Rektor II Uniga, Dr. Gugun Geusan Akbar,M.Si Wakil Rektor III Uniga, Dr.Ir.Tendy Kusmayadi,MP serta tamu undangan lainnya.

Ubiquittous Base Test (UBT) merupakan suatu sistem tes atau ujian yang dapat dilakukan di mana saja dengan menggunakan tablet atau smartphone, sedangkan U-Learning adalah tren pembelajaran yang memadukan teknologi mobile, sehingga bisa dilakukan dimana, dan kapan saja, serta sesuai konteks pembelajarnya.

UBT dan U-Learning yang diperkenalkan oleh perusahaan North Star Developer’s Village (NSDevil) dari Korea ini, merupakan salah satu solusi bagi percepatan pengembangan sistem pendidikan yang efektif dan efisien.

Rektor Universitas Garut (Uniga),H Abdusy Syakur Amin mengungkapkan, kerjasama ini merupakan salah satu upaya Uniga untuk menyiapkan proses pembelajaran di Kampus yang sesuai dengan kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang, system pembelajaran jarak jauh (long distance learning) merupakan keniscayaan, meskipun system pembelajaran ini akan kita terapkan secara bertahap salah satunya dengan melakukan sosialisasi baik kepada Dosen, Staf dan mahasiswa yang ada di lingkungan Uniga.

“Kita melihat UBT dan U-Learning yang diperkenalkan oleh North Star Developer’s Village (NSDevil) dari Korea cukup menarik apalagi teknologi ini deperkenalkan secara personal, dalam waktu dekat kita berharap system pembelajaran ini mulai bias disosialisaikan baik kepada dosen maupun mahasiswa,” ungkapnya, Minggu (14/7/19).

Sedangkan pihak NSDevil perwakilan Indonesia Kai Lee mengungkapkan Uniga dan STT Garut merupakan konsosrsium pengguna teknologi UBT dan U-Learning,

“Kondisi globalisasi dan percepatan teknologi yang begitu cepat mendesak Indonesia untuk mengikitu perkembangan teknologi tersebut dan ini disadari oleh dunia pendidikan Indonesia khsusunya Kemenristek Dikti” tandasnya.

(5)