Inspektorat OI Jadi Narsum Bimtek Keuangan Desa Kecamatan Rantau Panjang

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Insfektorat Kabupaten Ogan Ilir menjadi nara sumber kegiatan Bimbingan teknis Penataan Keuangan Desa kecamatan Rantau panjang, yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, sejak tanggal 1 hingga 3 juli 2019, di Balai Serbaguna Desa Rantau Panjang.

Peserta Bimtek tersebut terdiri dari operator desa dengan Kasi Keuangan dan 12 kepala desa yang berada di dalam wilayah Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir.

Inspektur M.Ridhon, mengatakan, ini pertama kalinya Inspektorat untuk wilayah Kabupaten Ogan Ilir menjadi narasumber untuk Bimtek Penataan Keuangan Desa.

Hal ini dilakukan karena tugas dari Inspektorat berfungsi sebagai penindakan juga berfungsi sebagai pengawasan.

“Banyak laporan yang kami terima tentang belum menyelesaikan bangunan, pada hal itu hanya kesalahan administrasi yang belum terlengkapi,” ujarnya.

Karena menurut dia, selama ini perangkat desa takut berurusan dengan Inspektorat dan terkesan menjadi momok, untuk memeriksa pembangunan desa.

“Kedepan dengan Inspektorat menjadi nara sumber, bisa memperbaiki administrasi desa sehingga menjadi tertib administrasi,” tegasnya.

Sementara Peserta Bimtek Penataan Keuangan Desa, Baslim dari Desa Sungai Rotan mengatakan, kegiatan ini akan menambah wawasan dalam system keuangan desa, “Semoga kedepan desa menjadi mandiri dengan adanya administrasi penata keuangan desa yang baik dan akurat,” ujarnya.

Dikatakan, dengan tertib administrasi maka akan tercipta laporan keuangan valid dan tidak simpang siur, dalam pengimputan kode – kode yang ada didalam Sikuedes, tukasnya

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90