Danau Gedebage & Konsep Sport Tourism Diacara Triathlon

Pewarta: Dwi Arifin
Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung berencana terus menggenjot jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bandung. Salah satunya dengan mengembangkan sport tourism dengan menggelar triathlon.
“Kota Bandung wisatanya sudah baik. Tapi menggabungkan sport tourism rasanya cukup baru di Kota ‎Bandung. Jadi kalau bisa dilakukan, mudah-mudahan bisa menunjang kunjungan wisata ke Kota Bandung,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (15/6/2019).ia melontarkan hal itu saat menghadiri Sungailiat Triathlon 2019 di Kabupaten Bangka. Lomba yang memadukan antara cabang berenang di laut, sepeda, dan lari ini mampu menyedot ratusan peserta dari 17 negara.

Sekalipun tidak memiliki area laut, lanjutnya, keberadaan danau buatan seluas 10 hektar di Gedebage bisa dimanfaatkan untuk cabang renang. Sehingga, tidak akan mengurangi daya tarik perhelatan trilomba.

“Sama saja, yang penting air. Mudah-mudahan nanti di Gedebage danau itu kita bisa gunakan, dan konsep sport tourism ini animonya pasti akan besar,” ulasnya.

Wakil wali kota yakin, apabila Kota Bandung menggelar trilomba, kemungkinan bakal menarik peserta lebih banyak. Hal itu mengingat akses transportasi yang lebih banyak pilihan dan mudah dijangkau.

“Saya pikir potensinya lebih besar. Berdasarkan informasi panitia (Sungailiat Triathlon) dengan tiket pesawat mahal aja ini banyak, kan kalau ke Bandung dari Jakarta juga dekat,” imbuhnya.

Oleh karenanya, kunjungannya ke Kabupaten Bangka dimanfaatkan secara maksimal untuk menggali pengetahuan dan resep rahasia penyelenggaraan trilomba dengan konsep sport tourism.

“‎Jadi pertama itu konsistensi, mereka (Sungailiat Triathlon) menyelenggarakan ini sudah tujuh kali berturut-turut setiap tahun, dan dari luar negeri mereka banyak. Mudahan-mudahan ada yang bisa kita ambil dan mudahan kita juga bisa melaksanakan kegiatan seperti ini di Kota Bandung,” bebernya.

Dalam kesempatan kunjungan ini, wakil wali kota juga memboyong Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eric M. Attauriq beserta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto. Ia berharap konsepnya bisa segera ditindaklanjuti agar gelaran trilomba terlaksana secepatnya di Kota Bandung.

“Hari ini kan kita didampingi Pak Asisiten dan kepala dinas, mudah-mudahan kita bisa rencanakan dan mudahan tahun depan sudah bisa dilakukan di Kota Bandung‎,” katanya. (Sumber:Humas Kota Bandung)

(2)