SMAN 2 Bandung Komitmen Untuk Pelayanan PPDB Yang Optimal

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Bandung)-, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika meninjau persiapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Bandung, Jln. Cihampelas No. 173, Kota Bandung, Rabu (12/6/2019). Dalam tinjauannya, Kadisdik ikut menyimulasikan praktik pendaftaran sesuai alur yang telah ditentukan.

Kadisdik menilai, persiapan PPDB 2019 di SMAN 2 Bandung telah cukup matang, baik dari segi sarana maupun kesiapan sumber daya manusia (SDM). Kesiapan di segi sarana mencakup penyediaan ruangan yang telah sesuai dengan prosedur operasi standar (POS), yakni adanya ruang informasi dan pengaduan, ruang pendaftaran dan administrasi, ruang persyaratan, ruang pengukuran koordinat serta ruang tunggu calon peserta didik. “Kualitas SDM di sini pun saya rasa sudah cukup siap,” ujarnya.

Kadisdik berharap, kesiapan PPDB 2019 di SMAN 2 Bandung dapat menjadi acuan bagi satuan pendidikan lainnya agar mempersiapkan pelaksanaan dengan baik. “Mudah-mudahan ini dapat menjadi model karena dilihat juga bersama para kepala sekolah lainnya dan perwakilan cabang dinas agar nanti bisa ditularkan ke daerah lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Bandung, Yanyan Supriatna R.S. menegaskan, pihaknya berkomitmen memberi pelayanan PPDB yang optimal kepada calon peserta didik. “Tujuan PPDB adalah proses melayani masyarakat. Maka, sebagai ujung tombak pendidikan kita berusaha melayani sebaik mungkin,” ucapnya.

Ia memaparkan, pihaknya telah membekali seluruh panitia PPDB di lingkungan sekolah dengan memberi pemahaman mengenai PPDB tahun ini yang terhimpun dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud), Peraturan Gubernur (Pergub), petunjuk teknis (juknis), dan POS pelayanan.

Yanyan berharap, persiapan PPDB ini berdampak baik bagi masyarakat, khususnya dapat mengedukasi sekaligus melayani masyarakat dalam proses PPDB 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Kadisdik meninjau bersama Sekretaris Disdik Jabar, Firman Adam, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah VII, Husen Hasan Rahadian, seluruh kepala SMA negeri di KCD Wilayah VII serta seluruh perwakilan KCD di daerah Jabar (Sumber: disdik.jabarprov.go.id)

(8)