Indonesia Power Turut Serta Evakuasi Bencana Longsor Di Kidang Pananjung Cililin

Pewarta : Deni HM

Koran SINAR PAGI, Kab.Bandung Barat,- Curah hujan yang cukup deras yang terjadi akhir – akhir ini mengakibatkan terjadinya bencana longsor di beberapa tempat, salah satunya di Kp.Cicapeu RT 05/06, Desa Kidang Pananjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Ahmad (47), salah satu warga menuturkan, musibah longsor yang terjadi pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2019 lalu, sekitar jam 18:30 WIB tersebut diawali dengan suara bergemuruh di sertai hujan yang cukup deras.

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD KBB ) menyebutkan, sedikitnya 1 (satu) rumah dan 1 (satu) masjid Jamie rata dengan tanah.

Selain itu terdapat 8 (delapan) unit rumah warga yang mengalami rusak berat, 13 rumah rusak sedang dan 33 rumah lainnya rusak ringan serta 2 sepedah motor tertimbun material longsor.

Akibat longsor tersebut, 61 KK teediri dari 166 jiwa terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman, ada yang mengungsi ke sanak saudara, ada juga yang mengungsi ke tenda darurat yang didirikan oleh BPBD, Tagana dan para relawan termasuk relawan binaan PT Indonesia Power UP Saguling yang dikenal dengan Brigade Siaga Bencana Indonesia Power (BSB IP).

Kepala pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, intensitas hujan cukup tinggi yang terjadi pada malam hari menjadi pemicu terjadinya bencana dibeberapa wilayah di KBB, salah satunya bencana longsor di Desa Kidang Pananjung.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar nya saat di konfirmasi oleh tim koransinarpaagijuara.com.

(26)