Akibat Tidak Ada Terminal, Disekitar Pasar Sukawening Selalu Terjadi Kemacetan

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Keberadaan Terminal sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas angkutan umum serta lancarnya arus lalu lintas.

Salah satunya di Kecamatan Sukaweuning, Kabupaten Garut, dimana kendaraan umum, pribadi serta yang lainnya dapat lancar berlala lalang.

Namun, tidak demikian hal nya dengan yang terjadi didepan Pasar Sukawening, yang selalu terjadi kemacetan, hal ini karena tidak adanya terminal sebagai salah satu komponen dari sistem transportasi yang mempunyai fungsi utama untuk pemberhentian sementara kendaraan umum serta menaik turunkan penumpang dan barang hingga sampai ke tujuan akhir dalam suatu perjalanan, juga sebagai tempat pengendalian, pengawasan, pengaturan dan pengoperasian kendaraan umum dan arus lalu lintas.

Kondisi ini banyak dikeluhkan warga, “Seharusnya Pemkab Garut membangun terminal uktuk angkot trayek jurusan Garut hingga Sumaweuning,” ucap salah satu warga saat dimintai tanggapannya oleh koransinarpagijuara.com.

Menurutnya, keberadaan terminal sangat dibutuhkan, agar kendaraan tak semwraut didepan pasar, sehingga angkutan umum tidak parkir disembarang tempat.

“Karena banyak angkot yang parkir disembarang tempat, akibatnya disekitar Pasar Sukawening selalu terjadi kemacetan parah,” ucapnya lagi.

Warga berharap Pemkab Garut dapat segera mencari solusi untuk memecahkan masalah kemacetan ini dengan menyediakan lahan untuk bangunan terminal, pungkasnya.

(13)