74 Siswa SMK Kesehatan SDM Sumedang Dilantik Dan Diangkat Sumpah Profesi

Pewarta : Jeky ES, SE.

Koran SINAR PAGI, Sumedang – SMK Kesehatan SDM Sumedang melakukan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap 74 siswa yang telah lulus menjadi asisten tenaga kesehatan Farmasi dan Keperawatan lulusan tahun 2019, di gedung Islamic Center, Jumat, ( 3/5/19).

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilakukan terhadap 21 tenaga kesehatan Farmasi, dan 53 tenaga kesehatan Keperawatan.

Pelaksanaan pengambilan sumpah dikakukan oleh Ketua Persemki (Persatuan SMK Kesehatan Indonesia) sekaligus juga Ketua Parkesindo Jawa Barat, Abdul Tasyakur.

Kepala sekolah SMK Kesehatan SDM Sumedang, Dewi Sugiarti, menyampaikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah ini merupakan prosesi terhadap pelantikan dan angkat sumpah kompetensi profesi siswa, yang sebelum itu dilakukan uji kompetensi terlebih dahulu oleh ikatan profesi dan tenaga ahli kesehatan dan keperawatan Indonesia,

“Tes itu dilakukan secara tertulis dan juga secara praktek terhadap siswa oleh para ahli dibidang nya, hingga siswa mampu melakukan tugas saat mereka berpraktek dilapangan, dan penguji tes itu dilakukan dari RSUD Sumedang dan tutor lainya yang ahli dibidang nya dari Jawa Barat”, ujar nya.

Dijelaskan dia lagi, jika pelaksanaan ini hanya merupakan pelantikan dan abgkat sumpah tethadap profesi, sementara untuk kelulusan siswa nanti serentak dengan sekolah lain secara umum.

‘”Untuk kelulusan para siswa nanti serentak pada tanggal 13 Mei 2019″, terang Dewi.

Dijelaskan lebih lanjut, pelantikan ini dilakukan sesuai Undang – Undang Tenaga Kesehatan No 36 Tahun 2014, ungkap nya.

Sementara itu Katua Persemki Jawa Barat, Abdul Tasyakur, dalam sambutanya menyampaikan, “mudah -mudahan para siswa dapat lebih meningkatkan karir nya, juga dapat dengan baik mempraktekan ilmu nya secara profesional sesuai aturan yang berlaku, juga dapat berbakti kepada orang tuanya, juga berguna bagi nusa dan bangsa”, tutur nya.

Senada dengan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dr. Anna Sabana, mellaui perwakilanya menyampaikan, agar siswa terus mau belajar, ” terus tingkatkan prestasimu, dengan mau belajar ke jengjang yang lebih tinggi, jangan cepat merasa puas agar bisa menginbangi perkembangan jaman dan teknologi yang terus meningkat”, ujar nya.

Salah seorang siswa lulusan SMK, Dini Rahyu ( 18), dari Dusun Babakan Tengah Rt.27 / Rw 7, Desa Bongkok Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang mengaku bangga setelah mengikuti pelantikan dan angkat sumpah, ‘ saya bangga menjadi siswa dari SMK Kesehatan SDM ini, dan merasa lega setelah mengikuti acara pelantikan dan angkat sumpah, saya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaiitu di Bakti Kencana Bandung masih ngambil jurusan perawat”, ujar nya dilokasi.
pelantikan dan angkat sumpah.

(9)