Kecamatan Tanjung Raja Laksanakan Bimtek Verivali Data Terpadu

Pewarta: Heri kusnadi

Koran SINAR PAGI Ogan Ilir,- Dinas Sosial KabupatenOgan Ilir melaksanakan acara Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi Data Terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu Kecamatan Tanjung Raja Kabupten Ogan Ilir tahun 2019, bertempat di Aula Kantor Camat Tanjung Raja, Kamis (09/05/19).

Bimbingan teknis verifikasi dan validasi yang diikuti 3 orang perwakilan dari setiap Desa dan Kelurahan, dari 15 Desa dan 4 kelurahan di wilayah Kecamatan Tanjung Raja.

Dalam sambutannya Camat Tanjung Raja Erwin Sani mengatakan Dengan adanya Bimbingan teknis verifikasi dan validasi data terpadu dari Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir disetiap Desa dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Tanjung Raja menjadikan data bantuan sosial tersebut tetap sasaran.

“Mudah – mudahan dari bimtek ini merupakan langkah awal untuk verifikasi dan validasi data terpadu penangan fakir miskin, Setiap yang ada didesa dan Kelurahan sehingga data tersebut menjadi valid serta sangat akurat dan benar-benar tepat sasaran, sehinga data yang didapat tersebut bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak desa dan kelurahan dan keakuratan data menjadi acuan kedepannya menjadi data terpadu setiap bantuan sosial.” katanya.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir Irawan Sulaiman melaui Kabid Leni novita sebagai kabid Kelembagaan dan pemberdayaan sosial, mengatakan bimtek yang akan dilakukan ini setiap desa mengirimkan tiga orang perwakilan dari setiap perwakilan adalah utusan dari masing masing Kades/lurah yang bertugas untuk mencacah dan mendata langsung keluarga miskin termasuk masyarakat penyandang masalah sosial atau berkebutuhan khusus yang ada di desa masing masing.

“Kita harapkan dengan adanya tiga petugas desa yang turun langsung untuk melakukan pendataan verifikasi dan validasi basis data terpadu tentang kefalitan data sekarang,apakah masih layak apa tidak masuk basis data terpadu (BDT), akan diketahui berapa besaran data kemiskinan di Kabupaten OI” ungkapnya.

Setelah petugas ini bekerja dengan benar akan diketahui keakuratan data miskin yang sebenarnya dan Kades tidak bisa mungkir lagi karena warganya sendiri sebagai pencacahnya, bukan hanya warga miskin saja yang didata tetapi semua warga desa tersebut nantinya akan didata ulang.

Karena dalam maayarakat tersebut ada warga yang memang benar – benar miskin untuk memenuhi komponen program PKH, dan ada juga warga yang tergolong mampu yang tidak layak menyandang PKM PKH namun terdapat anggota keluarganya yang berkebutuhan khusus.

Untuk itulah semuanya harus didata agar nantinya terlihat berapa warga yang benar benar miskin dan berapa warga yang menyandang kebutuhan sosial atau berkebutuhan khusus yang harus mendapat perhatian pemerintah.

“Data inilah nantinya akan dikirim ke dinas Provinsi maupun ke Kementrian sosial pusat sebagai acuan kedepan, setelah rampung semua Ferifali data maka akan kita kirim ke Provinsi dan pusat.” ujarnya.

Sementara Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Tanjung Raja, Rudi Mahdum menyambut baik respon Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir yang melakukan Veripali dan petugasnya dari perwakilan desa/kelurahan setempat.

Ia juga berharap untuk Data penerima PKH untuk disetiap Desa diberikan Kepada Kepala Desa dan Lurah sehingga mengetahui yang berhak menerimanya dan tepat sasarannya.

“Jamsos dinas sosial Kabupten Ogan Ilir akan memberikan data kepada desa dan kelurahan yang mendapat bantuan untuk program keluarga penerima harapan (PKH), Secepatnya peripapali kita laksanakan dan musdes sudah dilaksanakan sehinga data tersebut bisa diinfut, melaui pusdatin” pungkasnya.

(71)