Indonesia Power Turut Serta Meriahkan Peringatan HKBN Tahun 2019

Pewarta : Deni HM

Koran SINAR PAGI, Kab.Bandung Barat,- Dalam Undang Undang no 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana disebutkan, bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun non alam bahkan faktor manusia yang bisa menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mendorong gerakan kepada individu, keluarga dan komunitas,, untuk selalu siap menghadapi bencana, llangkah ini dimulai sejak tahun 2017 lalu dengan menyelenggarakan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada setiap tanggal 26 April di setiap tahunnya.

Dalam acara peringatan tersebut, PT Indonesia Power UP Saguling bersama tim relawan Brigade Siaga Bencana (BSB) yang merupakan mitra binaan di bidang kebencanaan, ikut berpartisipasi pada acara Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di markas Sesko AU, Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil didampingi Kepala BNPB, Letjen.TNI Donny Monardo mengatakan, alasan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional kali ini diadakan di Sesko AU Lembang Jawa barat adalah, karena Sesko AU ini berdiri tepat diatas garis lempeng yang disebut Sesar Lembang.

Adapun acara yang digelar dalam kegiatan tersebut diantaranya, simulasi vertical rescue, Damkar, PPGD, Penanaman pohon, sosialisasi kebencanaan, lomba yel yel dan lain lain.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala BNPB Letjen TNI Donny Monardo, Pangdam 3 Siliwangi, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, Kapolda Jawa Barat yang didampingi oleh Kaden Brimob Jawa Barat serta Komandan Sesko AU Marsda Donny Ermawan.

Selain itu hadir pula sebagai tamu undangan dari PT Indonesia Power bersama dari EVP HSSE PLN, Antonius R.T Artoni yang didampingi dari Divisi K3 PT Indonesia Power bersama GM UP Saguling, Rusdiansyah dan M OP HAR, Ade Tatang Mulyana serta para pejabat Kabupaten/kota bersama sejumlah relawan se Jawa Barat yang terdiri dari lebih 87 komunitas relawan dengan tema “Temu 1.000 Relawan”.

(33)