Lulusan SMKN 3 Kota Bandung Lahirkan Generasi BMW

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin S.Pd

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, SMKN 3 Kota Bandung selalu mengadakan program yang penting dan bermanfaat bagi masa depan anak didiknya selagi menunggu kelulusan. Salah satunya merupakan program Edu Fair. Acara dihadiri perwakilan perguruan tinggi dan siswa yang akan lulus pada tahun ini. Berlangsung pada 23 april 2019 di aula sekolah Jl. Solontongan No.10 RT. 3/6, Turangga, Lengkong, Kota Bandung

Dra. Hj. Elin Herlina, M.Pd. Waka Hubin SMKN 3 Kota Bandung menjelaskan program ini dapat memberikan gambaran pada siswa-siswi sesuai dengan tri fungsi SMK. Siap bekerja adalah fungsi yang pertama, diamana siswa-siswi yang sudah ditempa dengan pembelajaran keterampilan selama tiga tahun, akan siap untuk mengarungi atau bersaing dan berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan.

Fungsi kedua adalah siap melanjutkan, siswa-siswi SMK banyak berkesempatan dalam melanjutkan ke perguruan tinggi dengan banyak pilihan. Ketiga adalah berwirausaha, siswa-siswi harus memiliki jiwa wirausaha tinggi karena saat ini persaingan tidak hanya lokal tetapi harus sudah mencapai berpikir minimal regional sampai ASEAN. Maka siswa lulusan selalu dibekali kemampuan bahasa asing agar menjadi modal komunikasi di luar negeri.

Elin memaparkan tentang isi kegiatan Edu Fairnya. Didalamnya terdapat perguruan-perguruan tinggi swasta yang memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada siswa-siswi. Hari kedua adalah On Job Training untuk wirausaha, siswa-siswi diberikan wawasan bekerja, dan pengisi untuk kegiatan pengembangan wirausaha kreatif.

Hari ketiga merupakan penerimaan karyawan yang dihadiri oleh perwakilan perusahaan yang siap menerima siswa-siswi SMK. Hal ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SMKN 3 kota Bandung.

Elin juga menambahkan, selain itu juga siswa yang memiliki niat menikah setelah lulus akan mendapatkan bimbingan pranikah dalam rangkaian acara edu fair. Lulusan SMKN 3 Kota Bandung lahirkan generasi BMW (Siap bekerja, Melanjutkan kuliah atau Wirausaha)

Informasi yang dihimpun dari Dea siswa yang menjadi peserta edu fair, dalam wawancaranya mengharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan tentang dunia kerja. Setelah selesai UNBK dan masuk seleksi perguruan tinggi. Sebelum masuk kuliah, ada beberapa bulan, cukup lama untuk menunggu sampai ke waktu kuliah. Lumayan dengan kegiatan ini menjadi terarah untuk mengisi waktu luang dengan bekerja.

Pos terkait

banner 468x60