Mengenang Sejarah Perjuangan Pasukan Siluman Merah di Lolongokan Desa Alam Endah

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta Tm Liputan Khusus

Koran SINAR PAGI, kab. Bandung,- Paman Elon Juru Kunci Cebek Soreang sering menceritakan, sosok pejuang pasukan Siluman  Merah, diantaranya Apuh Jakaria. Apuh Jakaria  satu diantaranya  yang paling  berani perang melawan Gurka Belanda.

Pada thn 1942 Apuh Jakaria, bergabung dengan pasukan Siluman Merah yang di komandani Letjen TNI Purnawirawan Achmad Wiranatakusumah. Apuh Jakaria bergabung dengan pasukan tersebut di Gunung Halu yang di pimpin Aki Muhidin sedangkan Aki Rohidin di Soreang, Pasir jambu, Ciwidey.

Apuh Jakaria saat itu di tugaskan di wilayah Cigombong, Cimaskara, Cikangkareng, Batu Lawang, Cibinong, Sindang Barang, Gunung Sumul Kab. Cianjur .beranggotakan 200 orang.

Apuh Jakaria saat itu sebagai komandan di wilayahnya. Tiap hari, siang dan malam tidak hentinya berperang melawan Gurka Belanda dengan senjata seadanya seperti Dorlok.  Apuh Jakaria  pernah di culik dan di tawan di Kp Warung Pasir. Pasir jambu, Kab. Bandung selama dua minggu, disiksa, dianiaya oleh tentara Gurka Belanda. Tidak segan-segan mereka  memukuli dengan batang senjata. Berkat pertolongan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Apuh Jakaria dapat lolos dari tawanan Gurka Belanda.

Paska lolos dari tawanan Tentara Gurkal, Apuh Jakaria memutuskan untuk menemui gurunya di Cebek Soreang. Setelah bertemu dengan gurunya Apuh menceritakan apa yang telah dialami selama ditawan di Pp.warung,  Pasir jambu. Sang Guru memutuskan agar Apuh Jakaria hijrah ke Cebek Soreang. Pada thn 1946 s/d thn 1949 keluarga dan anaknya tinggal di Cebek.

Selanjutnya Apuh Jakaria kembali ke wilayah Cianjur Selatan untuk melanjutkan perjuangannya terus  berperang melawan penjajah Belanda.

Apuh Jakaria  meninggal thn 1967 meninggalkan istri dan dua orang anak, yaitu :

1.Bandi Sobandi, saat ini  berdomisili di Desa Panyokan,  Kec. Ciwidey.

2.  Ade Sobandi, adik kandung dari Bandi Sobandi, kini tinggal di Sindang Barang, Cianjur

itulah sekilas sejarah Pasukan Siluman Merah sesuai dengan yang dikisahkan oleh Paman Elon Juru Kunci Cebek

Pos terkait

banner 468x60