DPMD Jabar Sosialisasikan Bantuan Rp.100 Juta Untuk Bumdes

Pewarta: Dwi Arifin S.Pd
Koran SINAR PAGI (Kuningan)-, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat melaksanakan workshop untuk peningkatan pemasaran produk perdesaan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa. Acara dengan peserta pengurus Bumdes, tenaga ahli dan perwakilan DMPD kabupaten Pangandaran, kota Banjar, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Sumedang, Majalengka dan lainnya. Workshop berlangsung pada 10-11 april 2019 di Hotel Grage Sangkan Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya kepala bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat PUEM DPMD Jabar, Drs. Rusyandi M.Si menyampaikan “program workshop ini diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran produk Bumdes. Dari yang awalnya hanya memiliki konsumen warga desanya, ditingkatkan meluas ke antar kecamatan, regional dan nasional” ungkapnya kepada peserta

Rusyandi juga memaparkan data DPMD Jabar tentang 75% produk perdesaan melalui Bumdes hanya beredar diskala lokal. Masih sedikit produk Bumdes yang mampu bersaing ke tingkat regional atau nasional. Tapi Bumdes di Jawa Barat sudah mampu bersaing di pasar bebas dan asetnya milyaran dengan berbagai unit usahanya.
DPMD Jabar serius memajukan dan mengembangkan Bumdes. Diantaranya dengan program Gubernur yang langsung menyentuh ke desa. Diantarnya program patriot desa yang bumdesnya kurang aktif, CEO untuk Bumdes yang sudah berjalan dan penyertaan modal usaha untuk Bumdes senilai Rp. 100.000.000.

Dalam acara tersebut dihadirkan narasumber untuk tema menejmen Bumdes dan pelaporan keuangan yang dibahas oleh Dimas Triambara Fasilitator Kemendes. Lalu tema peningkatan pemasaran produk Bumdes disampaikan oleh Dr. Diana Sari M.Mgt, Ph.D dan narasumber terahir sebagai pembimbing penyusunan profosal dan analisi usaha bersama Fauzy Agus S.H Dir. PT Angsana Bangun Abadi

(40)