Kepala SMA Negeri I Darangdan Alergi Wartawan

Pewarta : Dede M Ramlan

Koran SINAR PAGI, Kab.Purwakarta,- Beberapa kali kunjungan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darangdan, Kabupaten Purwakarta sebagaimana tugas dan pungsi insan pers untuk kontrol sosial namun disayangkan, Tanty Erlianingsih selaku kepala sekolah, sulit untuk ditemui.

Padahal, kunjungan tim wartawan kesekolah tersebut untuk memantau terkait dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Bersetandar Nasional (USBN) dan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berakhir hari ini Senin (08/04/19).

Sejak pertama kali (USBN) dan (UNBK) dilaksanakan, lebih kurang 3 (tiga) kali tim berupaya menemui Kepala SMAN I Darangdan, Tanty Erlianingsih, namun selalu gagal, bahkan terkesan dijegal oleh Satpam, tidak hanya kepala sekolah, namun guru – guru seolah berusaha untuk menghindar bertemu dengan wartawan.

Pada kunjungan pertama, menurut petugas Satpam, Tata, dirinya hanya menjalankan tugas untuk menyampaikan, apabila ada tamu dari wartawan tolong bilangin semua guru lagi sibuk mengawasi USBN dan UNBK, tuturnya mengutip perintah atasannya.

Dengan adanya larangan ini, menjadi tanda tanya bagi awak media, ada apa dengan ujian sekolah ini sehingga kepsek nya tidak mau ditemui ?.

Selanjutnya pada kunjungan hari terakhir USBN, Senin siang tadi, upaya menghalang – halangi tugas wartawan kembali terulang, kali ini Opik salah seorang staf dari bagian administrasi sekolah tersebut.

Dirinya mengaku tidak tahu kalau tim wartawan sudah beberapa kali berusaha menemui kepala sekolah, namun selalu gagal.

“Biasanya kalau ada tamu saya yang melayani dan mohon ma’af kepala sekolahnya lagi diurut, kurang enak badan, jadi tidak bisa ditemui,” katanya.

(175)