Mantan Wabup OI, HM Daud Hasyim Tutup Usia, Karena Serangan Jantung

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Mantan Wakil Bupati Ogan Ilir (OI) periode 2010-2015, HM Daud Hasyim bin HM Hasyim menghembuskan nafas terakhir pada usia 67tahun usai mendapatkan serangan jantung, Rabu (27/03/19) pukul 03.20 wib dinihari, dikediamannya Jalan Muhajirin Inderalaya OI.

Almarhum yang lahir pada tahun 1952 meninggalkan seorang istri, Hj Vera Faradila SE dan 4 orang anak, antara lain Bertha Indriasari, Inge Diana Berti, Eko Randisatria dan Melan Fitrianti serta 13 orang cucu. Almarhum juga merupakan mantan Ketua DPC PPP OI tahun 2015

Adik keempat almarhum, H Afrizal Hasyim kemarin mengatakan, almarhum memang memilikk riwayat sakit jantung, meski sejak sore mengalami sakit sesak nafas, namun almarhum Daud enggan dibawa ke rumah sakit.

“Kami tidak ada firsat apapun, bahkan hari Minggu lalu beliau sempat bersama warga membetulkan safety tank dan pergi ke acara undangan, kemudian saya dikabari istrinya magrib beliau sesak nafas, jadi saya telpon agar beliau mau dibawa ke rumah sakit. Tapi beliau menolak, kemudian, Rabu (27/3) pukul 00.00 wib sesak nafasnya makin bertambah parah dan pukul 03.20wib dapat telpon dari mantunya bahwa beliau sudah meninggal dunia, Insya Allah beliau khusnul hotimah,” tuturnya.

Menurut Afrizal, jenazah akan dikebumikan usai sholat ashar di pemakaman keluarga Desa Tanjung Dayang Kecamatan Inderalya Selatan, “Rencananya sebelum dimakamkan Wagub Sumsel, H Mawardi Yahya akan melayat almarhum dan Bupati OI HM Ilyas Panji Alam akan melepas kepergian beliau dengan upacara singkat,” terangnya.

In Memoriam Daud Hasyim

Drs.HM.Daud Hasyim (67) adalah Mantan Wakil Bupati/Plt Bupati Ogan Ilir, periode 2010-2015. Sebelumnya ia bertugas di Kabupaten OKI (saat itu) sebagai Camat Tanjung Batu tahun 1990 an, pada Era Bupati OKI HA Rasyid Rais.

Daud pindah dari Kab Belitung, lalu sempat berkarier di Kota Palembang, sebelum akhirnya mengabdi di Kabupaten.

Berbagai jabatan cukup penting dipegangnya, mulai dari jabatan Camat Tanjung Batu, Camat Indralaya dan Kabag Pemdes OKI, di era Bupati HF Rozi Dahlan, Daud sempat agak menurun kariernya.

Lalu ketika Kab Ogan Ilir (OI) berdiri, diawal memulai pemerintahan Pj Bupati OI Drs H Indra Rusdi, awal tahun 2004, Daud bersama sejumlah orang lainnya mengisi jabatan esselon II di Pemkab OI, kala itu beliau dipercaya sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Selanjutnya di era pemerintahan Bupati definitif H Mawardi Yahya, karir Daud Hasyim terus menanjak mulai dari Asisten I, Sekda hingga Wakil Bupati. Bahkan Daud Hasyim walaupun sebentar sekitar 1 bulan, pernah menjabat Bupati karena Bupati Mawardi sempat mengundurkan diri.

Catatan penting ketika Daud Hasyim menjadi Kadisnakertrans, beliau termasuk orang yang merintis dibukanya KTM Sungai Rambutan dan Parit. Sekitar tahun 2004 itu, bersama dengan Sekda, HM Vickri Bastari, Kabid trans Nazaruddin Isro, Camat Indralaya Basuni dan beberapa kades terkait, melakukan roadshow ke Jatim, merintis kerjasama pengisian KTM tsb.

Selain itu saat beliau menjadi Asisten I bersama Wilson (kabag Tapem) diperintahkan Bupati Mawardi Yahya untuk memetakan pemekaran kecamatan dan desa. Saat itu dari DPRD OI, Komisi A yang diketuai Sudarta Salman ditugaskan untuk membahas dan menyiapkan rencana pemekaran kecamatan dan desa tersebut.

Komisi A kemudian membentuk Tim yang tetap diketuai Sudarta Salman, Iklim Cahya dipercaya sebagai sekretaris tim, dengan didukung anggota Komisi A lainnya yakni Wusry Maroean Emfy, Ki Muslih Qorry, Hardi Sopuan, Amir Hamzah, Agoel Libandryo dan Andi Azhari.

Kemudian tentu sebagai sekda lalu sebagai Wabup, Daud Hasyim juga ikut berperan didalam perencanaan dan pembangunan KPT Pesona Tanjung Senai.

Sekalipun senior dan birokrat tulen alumni APDN dan IIP ini, selalu menghargai rekan- rekan di jabatan politik yang menjadi anggota DPRD, siapapun dia, baik muda maupun tua.

HM Daud Hasyim memiliki hubungan yang baik dengan koleganya dan banyak orang, pengabdiannya tergolong luar biasa. Juga beliau termasuk pejabat yg tidak neko – neko dan memiliki materi dalam kewajaran.

Pos terkait

banner 468x60