Hindari Antrian, Pasien Harus Daftar Lewat Online, Buka www.rsudsumedang.com

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Untuk menghindari antrian pendaftaran yang bisa mengular, kini RSUD Sumedang menganjurkan para pasen yang akan berobat ke RSUD mendaftar lewat Online pada website : www. rsudsumedang.com yang sudah dimulai sejak awal tahun 2019.

“Silahkan pasen daftar lewat online untuk menghindari antrian”, ujar dr.Hilman Taufik Wijaya, Direktur RSUD Sumedang di depan wartawan saat jumpa pers di RSUD lantai 8, Selasa (26/03/19).

Layanan ini, jelas Hilman, sengaja ia ciptakan dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap pasen, agar para pasen lebih pasti mendapat pelayanan.

“Pasti untuk dilayani, dan pasti mendapat obat nya”, ujar Hilman lagi.

Karena, dijelaskan Hilman, dengan pendaftaran online pihak nya terlebih dahulu sudah bisa mempersiapkan kebutuhan untuk pasen.

“Nanti tidak ada lagi pasen yang sudah datang jauh – jauh tapi pas disini, ternyata dokter nya atau bahkan obat nya tidak ada, kan itu kasihan”, jelasnya.

Namun lebih jauh lagi Hilman menegaskan, pendaftaran online tak bisa dilakukan pada hari itu.

“Pendaftaran online (maksimal) harus H -1, jangan mendadak dihari itu, kecuali pasen gawat darurat, tapi jalur nya ke IGD (Instalasi Gawat Darurat), karena di Gawat Darurat, pasen ditangani dulu baru melakukan pendaftran”, terangnya.

Namun nyatanya Hilman juga menerangkan, pasen yang bisa melakukan pendaftaran lewat online itu, hanya bagi pasen yang sudah terdaftar di BPJS saja, pasalnya pasen di RSUD Sumedang 98% BPJS, dan sisanya 2 % pasen umum.

“Setelah daftar di online (sehari sebelumnya), berikutnya pasen saat datang di RSUD, tinggal scan saja di APM (Anjungan Pendfaran Mandiri) yang sudah disiapkan di sini (RSUD) ada 4 (empat) APM”, ujar Hilman.

dr.Hilman pun, menargetkan, untuk pelayanan online ini harus selesai di bulan Mei nanti.

“Target kami pelayanan online harus 100% di bulan Mei tahun ini, dan tim IT kami sedang mengupayakan yang 2% pasen umum masuk data base kita”, jelasnya.

Ditempat terpisah, Humas RSUD, Iman Budiman saat ditanya koransinarpagijuara.com terkait isian daftar online menjelaskan,

“Nanti setelah di buka di www.rsudsumedang.com muncul nomor rujukan, nah nomor rujukan itu diisi dari Puskesmas, jadi tetap walaupun kita daftar online di rumah, kita harus datang ke Puskesmas (sesuai tempat tinggal) untuk minta nomor rujukan”, terangnya.

Dan nomor rujukan itu, kata dia lagi, akan berlaku selama 3 (bulan), jadi jika pasen nantinya berobat lagi melalui online, nomor rujukan itu bisa langsung dipakai tanpa datang lagi ke Puskesmas.

‘Nomor rujukan itu akan otomatis tidak belaku setelah 3 ( tiga ) bulan, dan pasen jika mau mendaftar lagi tentunya harus datang lagi ke Puskemas untuk minta nomor rujukan kembali”, jelas Iman.

Masih ditempat jumpa pers, dr.Hilman menjelaskan, pendaftaran itu dibuka 1 × 24 jam. Dan bila pasen tidak bisa terlayani pada hari yang dituju, maka nanti secara otonatis sistem di online akan memberi tahu, kapan jadwalnya harus berobat.

“Itulah yang dimaksud adanya kepastian dilayani, dan juga nanti setelah diperiksa dokter saat pasien menunggu obat, bila pelayananya lewat dari 60 menit, maka si pasen akan dipersilahkan untuk pulang, dan obat nantinya akan kami antar lewat jasa layanan Gojek, yang obat nya diantar langsung ke rumah pasen oleh layanan Gojek tersebut yang dipastikan datang hari itu juga”, tandas Hilman.

Pos terkait

banner 468x60