KPU Sosialisasikan Ihwal Pemilu Di Kalangan Basis Pemula

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Bertempat di SMAN Tanjungkerta Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang KPU Sumedang melakukan sosialisasi Pemilu di kalangan relawan demokrasi basis pemula, Jumat (15/3/19).

Didepan sejumlah siswa, Komisoner KPU Sumedang Mamay Siti Suhandi mengutarakan, pengetahuan ini penting disampaikan kepada pemilih pemula agar tahu tata cara Pemilu yang puncaknya tanggal 17 April 2019.

“Penting diketahui tentang pengetahuan kepemiluan oleh para pemilih pemula di Pemilu serentak ini, apalagi bagi para siswa yang sudah mempunyai hak pilih”, ujar nya.

Diterangkan Mamay didepan siswa, untuk tingkat nasional ada 16 Partai, namun khusus di Aceh ada 20 partai, sebab dikatakan Mamay, untuk Aceh ada 4 partai lokal yang menjadi perserta Pemilu.

“Diluar Aceh cuma ada 16 partai peserta”, tandasnya.

Selanjutnya Mamay mengutarakan, agar kita tahu tidak nya terdaftar sebagai pemilih, ia menganjurkan untuk mendownload aplikasi yang ada di internet.

“Silahkan mendownload aplikasi LINDUNGI HAK PILIH, untuk pengecekan, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, nanti disana ada caranya, tinggal masukan nomor KTP”, ujar Mamay.

Selain iti Mamay pun menyampaikan terkait jumlah peserta Pemilu caleg DPRD Sumedang.

“Ada 587 orang caleg yang kini terdaftar, dari mereka nantinya cuma 50 orang saja yang menjadi anggota DPRD Kabupaten Sumedang, sesuai jumlah kursi yang ada”, tandasnya.

Ditempat terpisah, menanggapi kegiatan sosialisslasi ini, Kepala Sekolah SMAN Tanjungkerta, Odang Kusyana, melalui Wakasek Kesiswaan Siti Nurhayati mengatakan,

“Kegiatan (sosialisasi) ini sangat bagus diadakan di depan para siswa sebagai pemilih pemula, juga termasuk saya pun jadi tahu jumlah lembar surat suara yang mesti dicoblos, kan ada 5 lembar”, ujarnya

Selain itu juga ungkap Siti, kita jadi tahu tentang suara syah atau tidak nya dari KPU.

“Tadi siswa ada yang menganggap jika menurur dia salah coblos, itu dianggap tidak syah tapi dari simulasi setelah diterangkan ternyata itu syah dan itu dimasukan ke suara partai”, tandasnya.

(10)