Tercatat 30 WNA Mendapatkan e-KTP Kabupaten Bandung

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Bandi/Red

Koran SINAR PAGI, Kab. Bandung,- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, secara resmi telah mengeluarkan KTP elektronik  (e-ktp) terhadap 30 Warga Negara Asing (WNA) yang dinilai telah memenuhi prosedur.

Hal itu diungkapkan, Kasta Wiguna Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Bandung, pada koran SINAR PAGI, di komplek Perkantoran Pemda, Jalan. Soreang, Bandung. Rabu (06/03/2019).

Ia mengklaim, pihaknya dalam mengeluarkan e-ktp sudah sesuai dengan SOP serta juklak dan juknis pelaksanaan.

“Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pengakuan secara legalitas, termasuk di dalamnya WNA yang sudah berdomisili sekurang – kurangnya 5 tahun berturut- turut dapat diajukan untuk mendapatkan identitas E-KTP,” katanya.

Menurutnya, Disdukcapil Kab. Bandung dalam pembuatan e-ktp sudah sesuai peraturan UU nomor 24 tahun 2013 pasal 63 tentang prosedur WNA dalam mendapatkan KTP elektronik.

“Kita sudah optimal dan selektif dalam mengeluarkan e-ktp untuk WNA, bahkan data tersebut valid sekurang- kurang 5 tahun domisili di kabupaten Bandung dari kantor imigrasi, jadi tidak ada unsur apapun. Semua dilakukan sesuai prosedural yang ada,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Salimin, membenarkan perihal data WNA saat ini yang sudah teregistrasi mendapatkan e-ktp.

“Betul data itu valid, 30 WNA semua sudah sesuai dengan mekanisme dalam mendapatkannya, jadi jelas tida ada unsur apapun dalam pembuatan e-ktp, semua normatif,” tuturnya.

Justru dia berharap, diperlukan pemahaman masyarakat dalam hal ini,  sehingga tidak menimbulkan polemik.

“Ini yang perlu dipahami bersama, dengan diberikan e-ktp WNA bisa lebih tertib dan mudah di pantau, namun dalam regulasi harus tetap selektif dan prosedural,” harapnya. ***

Pos terkait

banner 468x60