Yonif R 301/PKS Berangkatkan 450 Personel Satgas Pamtas RI – Malaysia

Pewarta : Jeky E

Koran SINAR PAGI, Sumedang – Sebanyak 450 personil TNI Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301 Prabu Kian Santang (PKS) yang akan melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Darat RI-Malaysia, diberangkatkan hari ini di Markas Yonif Raider 301 Cimalaka Sumedang Jawa Barat, Kamis (14/2/19).

Komandan Yonif ( Dan Yon) Raider 301 PKS, Letkol Inf Andi Hasbullah mengatakan kepada media, bahwa hari ini telah dilaksanakan upacara pelepasan satgas tersebut yang juga turut hadiri oleh sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Sumedang seperti, Dandim 0610 Letkol Arh Novianto Firmansyah, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo dan juga pejabat lainnya.

“Dalam upacara pelepasan ini, Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir bertindak sebagai inspektur upacara”, kata Dan Yon.

Dikatakanya lagi, mereka akan bertugas selama 9 bulan untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan yang menjadi perhatian pemerintah.
,karena daerah itu berbatasan langsung dengan negara lain.

“Pertahanan perbatasan negara pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya perwujudan wilayah Nusantara sebagai kesatuan, geografi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan,” terangnya Andi Hasbulah.

Dikesempatan yang sama Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah mengatakan bagi prajurit menjadi anggota Satgas Pamtas merupakan bagian dari tugas negara.

“Saya berharap kesempatan ini hendaknya bisa dijadikan motivasi untuk memberikan yang tebaik bagi bangsa dan negara sekaligus menumbuhkan kebanggaan kesatuan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Tak hanya itu yang paling penting pesan Dandim, kepada 450 orang Satgas Pamtas yang akan bertugas, agar senantiasa menjaga kesehatan, kebugaran serta tanggung jawab sehingga dapat kembali pulang ke batalyon dengan selamat tanpa kekurangan satu apapun, pintanya.

(48)