MUSREMBANG KEC BANJARWANHI KAB GARUT.

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Garut,-  Terkait anggaran yang dalam perencanaannya tiada lain untuk pembangunan di wilayah kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut melakulakan Musrembang yang di selenggarakan di Aula Kecamatan Banjarwangi, Rabu (13/2/19).

Camat Banjarwangi, Enjang Juanda, mengatakan dalam Musrembang tahun ini, pihaknya ingin lebih baik dalam pembangunan dan dari sumber daya alam sampai ke makanan ciri khas masyarakat Kecamatan Banjarwangi agar supaya memberdayakan ibu-ibu PKK tiap-tiap desa.

Dan banyak poin poin uang harus di realisasikan untuk program tersebut di antaranya .

1 .pemberdayaan lingkungan khususnya dari pecinta alam pesona para wisata yang mana banyak pesona alam yang belum di benahi salah satunya cagar alam leuwi paranje yang ada di Desa Bojong . Pesona air dari mata air pegunungan yang masih alami dan pesona alam yang indah.

2. cagar alam lawang angin yang masih belum tertata dan masih tersembunyi belum tersentuh sehingga butuh anggaran untuk membenahi dan wajib di lestarikan agar supaya tebenahi dan banyak fungsi menghijaukan dan membantu serapan air dari musim penghujan karena sepanjang jalan cigugur apabila musim penghujan akan rawan longsor .

3. perlunya perhatian dari pihak pemerintah dengan rencana pembangunan poros jalan antara desa tanjung jaya badega menghubungkan beberapa desa saperti Desa Jaya Bakti dangiang bojong agar masarakat sangat mudah dan membantu aktivitas mendongkrak ekonomi masarakat antar desa .

4. perlunya penanganan jalan pintas pasar Banjarwangi yang mana apabila hari pasar dan hari hari besar seperti Idul Fitri, jalan sangat macet dan kendaraan sangat membeludak kendaraan pribadi maupun kendaraan umum .Perlunya jalan pintas pasar dari jembatan hamerang yang terhubung dengan lewi vihonje yang mana lokasinya di belakang pasar Banjarwangi

5. poros jalan kecamatan sekaligus jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan taraju Singaraja Tasikmalaya supaya masarakat agar mudah memasarkan hasil bumi dan membantu mempermudah akses jalan tersebut.

6 .masih banyak masarakat miskin yang tempat tinggalnya masih tidak layak huni masih banyak yang belum tersentuh dan bisa di katakan belum sejahtera juga masih belum terakomodir dengan bantuan BSPs atau rutilahu yang lalu, sehingga pemerintah desa harus jeli dan harus peduli memperhatikan dan butuh data yang ril dan akurat sehinga khususnya masarakat kecamatan banjar wangi merasa adil makmur dan merasakan pembangunan dari program pemerintah sampai merata.

Sementara Bapeda Kabupaten Garut, Agis Ismail didampingi Indri sebagai perwakilan angota DPRD komisi 3, pihaknya juga sangat mendukung dan sangat merespon semua masukan dari kepala desa se kecamatan Banjar wangi dan sangat mendukung rencana pembangunan Camat Banjar wangi

“semoga semua bantuan program dari pemerintah dari Inpaksktutur sampai program sosial semoga tepat sasaran, tepat waktu dan tepat guna,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri dari Bappeda dan perwakilan Sekda Kabupaten Garut serta hadir pula dari Komisi III DPRD Garut Agis Ismail dan Rini Handayani Camat Banjarwangi EnjangJuanda, para kelapa desa Banjarwangi, koordinator UPT dinas terkait kecamatan Banjarwangi dan tamu undangan.

(20)