PPL Ujung Tombak Kemajuan Pertanian

Pewarta : Tim

Koran SINAR PAGI, TANJUNG REDEB,Bupati Muharram didampingi Sekretaris Daerah M Gazali kembali melanjutkan kunjungan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pada Selasa (12/2) Bupati Muharram mengunjungi Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan). Kunjungan ini merupakan sala satu upaya dalam pemberian motivasi dan penyegaran ke OPD untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan kinerjanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Muharram menyampaikan bahwa Dispertan harus dapat memanfaatkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan maksimal. Karena PPL ini merupakan ujung tombak yang dapat memajukan sektor pertanian.

Muharram menilai bahwa peran PPL ini sangat penting sekali. Karena peran PPL menjadi penentu dalam kemajuan sektor pertanian. Sehingga perlu ada pembinaan serta peningkatan peran PPL dalam proses pengembangan seluruh komoditas yang ada.

Bupati Muharram juga mengatakan PPL harus mampu membimbing seluruh petani yang ada. PPL pun diharapkan mampu menghasilkan teknologi yang dapat meningkatkan sektor pertanian seperti menemukan bibit unggul, kesesuaian lahan serta merubah sistem pertanian. “Jika hal ini bisa dijalankan saya yakin kemajuan pertanian ini dapat tercapai,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa dirinya menaruh harapan besar di Dispertan. Karena OPD ini berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan masyarakat khususnya para petani. Sehingga ia pun mendorong agar OPD ini dapat memberikan yang terbaik dalam pengembangan sektor pertanian di Bumi Batiwakkal. “OPD ini jadi iklan dan ujung tombak bupati. Baik serta buruknya pertanian dan peternakan sangat bergantung dari kinerja seluruh pegawai di sini,” tegasnya.

Untuk memaksimalkan ini, ia pun kembali menegaskan agar PPL yang bekerja langsung di lapangan dapat dimaksimalkan. Sehingga sukses yang dicapai oleh Dispertan tidak hanya sekedar administrasi saja tapi di lapangan juga. “Subtansinya yang sangat penting untuk dimaksimalkan. Apa itu, yah dengan kemajuan sektor pertanian dan peternakan,” tuturnya.

Kunjungan Bupati Muharram ke OPD ini akan berlanjut terus dalam beberapa minggu ke depan. Diharapkan dengan kunjungan ini dapat memacu peningkatan kinerja OPD menjadi lebih baik lagi. Seingga target dalam mewujudkan pembangunan daerah dapat tercapai.

(13)