KPU Kota Cimahi Susun Daftar Pemilih Tambahan

Pewarta : Wahyu/reds

Koran SINAR PAGI, Cimahi,-  Saat ini KPU kota Cimahi terus melakukan pemutakhiran data terkait daftar pemilih tambahan (DPTb), seiring tingkat urbanisasi penduduk kota Cimahi  terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Selain sebagai pusat pendidikan Militer, Kota Cimahi juga terdapat beberapa universitas, kampus atau perguruan tinggi. Sehingga bisa mendorong DPTb mengalami perubahan.

Hal itu dikemukakan Ketua KPU Cimahi Ir. Mohamad Irman, saat media KSP menyambangi kantornya, di Jalan Pesantren TTUC, kota Cimahi, Senin (11/02/2019).

Menurutnya, validasi data DPTb sebagai dasar untuk pemetaan pemerataan TPS dan pelayanan.

“Disini akan mengalami perbedaan saat pilkada lalu, karena pilpres lebih luas jangkuan wilayahnya dan setiap WNI berhak untuk menyalurkan suaranya, dan di kota Cimahi banyak urban,” katanya.

Namun demikian, dia menjelaskan, pihaknya tetap selektif dalam melakukan penyusunan DPTb jangan sampai double data pemilih.

“Kita akan buatkan A5 kepada DPTb untuk mahasiswa yang jauh domisilinya, namun tetap kita kroscek dulu ke daerah asal, apakah mereka sudah masuk DPT? jangan sampai kita kecolongan,” jelasnya.

Adapun tujuannya, ia menyampaikan, pemilih dapat terlayani saat pilpres,  dengan tidak ada penumpukan dalam satu TPS dan mudah dimonitoring.

“Intinya, kita permudah silahkan nyoblos disini, tidak perlu pulang ke kampung halamannya, namun tetap harus ada pengantar A5 tadi,” pungkas dia.

Dari informasi yang diterima verifikasi DPTb berakhir sampai tanggal 17 Maret 2019, dan sampai berita ini diturunkan, KPU terus melakukan sosialisasi ke  lokasi kampus dan tempat kos mahasiswa di seputar Cimahi.

(30)