Koperasi Rahmat Pondok Pesantren Mannilingi Laksanakan RAT ke – 25

Pewarta : Arsyam – Awing

Koran SINAR PAGI, Jeneponto, – Kopontren Mannilingi Bulo Bulo laksanakan Rapat Tahunan Tahun Buku 2018 yang ke XXV.

RAT tersebut bertempat di Pelataran Masjid Arifuddin Zainuddin Kompleks Pondok pesantren Mannilingi Desa Bulo Bulo Kec Arungkeke Kabupaten Jeneponto (11/2/2019).

RAT tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan,Ketua Dekonpinwil Drs. H.Sirajuddin, MM, Asisten II, DR.Farida Mappatunru, SH, MH, Kadis Koperasi dan UMKM Jeneponto H.Subair,SE,Kadis Pemdes Jeneponto Drs.Muh.Sofyan,M.Si, Camat Arungkeke Alamsyah, SE.MM, Kapolsek Arungkeke, Anggota DPRD Jeneponto dari fraksi Demokrat dan PAN, Ketua Yayasan Ponpes Mannilingi Bulo Bulo Ir.H.Andi Makkasau Rasyid,MM,Ketua Dekopinda Kabupaten Jeneponto,Kepala Desa Bulo Bulo Andi Asrir Indrajaya, SH. serta seluruh anggota koperasi Rahmat Ponpes Mannilingi sebanyak 400 orang.

Ketua Koperasi Rahmat Pesantren Mannilingi Bulo bulo Harianto,SE dalam laporannya mengatakan ” Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi Rahmat Ini,dilaksanakan berdasarkan UU No.25 Tahun 1992 tentang perkoperasian yang disertai dengan peraturan pelaksanaannya serta berdasarkan AD/ART Koperasi.

Namun saya akui dalam penyampaian laporan ini, masih banyak mengalami kekurangan dan kelemahannya.baik daru segi pengem bangan usaha maupun segi permodalan.

Sehingga Tahun Buku 2018 ini pengembangan usaha terus kami lakukan, baik dari segi organisasi dan managemen terus kami lakukan dalam upaya peningkatan Kesejahtraan Anggota dan pengelolah Koperasi itu sendiri.

Tahun Buku 2018 ini Jumlah karyawan sebanyak 39 orang yang tersebar di Kantor pusat, kantor cabang jeneponto Bantaeng dan Takalar.

Adapun unit usaha yang dilaksanakan yaitu USP disemua Kantor Cabang, Unit Usaha Kredit Jangka Pendek (KJP),Unit Jasa Photo Copy dan Percetakan,Unit Usaha Komveksi,Unit ATK Kredit Pasar.

Modal Sendiri yang terdiri dari simpanan Pokok,Simpanan Wajib,
sebesar
Rp.3.279.639.596,
dengan perolehan SHU sebesar
Rp.283.756.389,
Total Asset Kopetasi kita ini sebesar
Rp.14.570.483.591
Dari prestasi tetsebut diatas, maka laporan peryanggung jawaban pengurus tahun buku 2018 diterima oleh Anggota secara aklamasi”, ungkapnya

Ditempat yang sama Ir.H.Andi Makkasau Rasyid ,MM, ketua yayasan pondok pesantren Mannilingi bulo bulo mengapresiasi atas usaha pengurus koperasi Rahmat ,karena telah mampu mengelolah dan mengembangkan Koperasi Rahmat pesantren mannilingi bulo bulo menjadi koperasi berlevel provinsi,jika dibandingkan koperasi lainnya di sulawesi selatan ini,

Dia menambahkan pula,bahwa koperasi itu bisa dikatakan sehat,kalau mampu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan tepat waktu,oleh karena itu dia berharap kepada pemerintah agar dapat memperhatikan Koperasi pondok pesantren ini,pintanya

Sambutan Kakanwil Koperasi dan UMKM provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan UMKM ” Koperasi itu bisa maju kalau ada sinergitas antara pengurus,badan pengawas dananggotanya, sehingga dengan adanya kerjasama yang baik, maka pihak pengurus sudah pasti mampu laksanakan rapat anggota tahunan tepat waktu ” tuturnya.

Hal itu juga Bupati Jeneponto Drs.H.Iksan Iskandar, M.Si yang didampingi oleh Asisten II DR. Farda Mappatunru,SH.MH
Bupati dalam Sambutannya mengatakan “Ini membuktikan bahwa Koperasi Rahmat Pesantren Mannilingi Bulo bulo, merupakan koperasi yang mampu memberikan pelayanan prima dan meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya dan masyarakat kabupaten jeneponto.

Oleh karena tidak semua koperasi mampu melaksanakan sama dengan koperasi Rahmat Mannilingi ini.
saya melihat kehadiran anggotanya luar biasa,sama dengan tekline kita,bukan hanya sehat tetapi koperasi mannilingi pun GAMMARA hal itu disebabkan karena pengurus di percaya oleh anggotanya.

Saya berharap mari kita tingkatkan terus pengembangan usaha koperasi kita ini sebagai asset Daerah, ” ungkap Bupati.

(22)