essay about teenage pregnancy 54th grade informative essay practice what do you believe in essay academic thesis statement examples personal essays samples

Jalan Desa Di Kecamatan Peundeuy Sangat Memprihatinkan

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Ruas jalan desa yang menghubungkan antara Desa Purwajaya dengan Desa Toblong menuju Kecamatan Peundeuy ini adalah akses jalan desa itu sangat dibutuhkan warga dalam beraktivitas, kata Topik, salah satu warga Peundeuy kepada koransinarpagijuara.com, Rabu (06/02/19) melalui telepon selulernya.

Namun, lanjut dia, kondisi jalan yang dimiliki Desa Purwajaya itu, selain masih terbuat dari tanah merah, kondisinya pun bergelombang, sehingga tak sedikit warga yang tergelincir saat melalui jalan tersebut, tandas Topik

Menurutnya, kondisi ini banyak dikeluhkan warga, padahal jalan desa tersebut sudah menjadi bahasan di Musrenbangdesa hingga kecamatan, namun hingga kini belum ada realisasi pembangunan pengaspalan.

“Seharusnya jalan tersebut menjadi skala prioritas untuk dibangun dengan dana desa, ketimbang jalan yang lainnya,” ucap Topik yang juga menjadi ketua LSM Laskar Indonesia, Kecamatan Peundey.

“Banyak warga dan tokoh yang mengadu ke saya, kenapa jalan utama desa tak menjadi skala prioritas Kepala Desa Purwajaya, meskipun masuk dalam Musrenbang,” terang Topik

Disebutkan, jika jalan desa yang menghubungkan Desa Purwajaya dengan Desa Toblong menuju jalan raya, ini kondisinya bagus, maka perekonomian desa akan meningkat.

“Ketika akses jalan baik maka tranportasi juga akan lancar untuk mengangkut hasil bumi dan lainnya, dampaknya adalah pada peningkatan sektor ekonomi rakyat,” ujarnya.

(34)