Warga Kampung Karyasari, Keluhkan Keberadaan Kandang Ayam Diwilayahnya

  • Whatsapp
banner 468x60

Kepala Desa Karyasari, Widya Heru Kartika

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Terkait keluhan warga Kampung Karyasari, Desa Karyasari, Kec.Cibatu, Kab.Garut yang mengeluhkan keberadaan kandang ayam diwilayah Kampung Dukuh, dinilai tidak beralasan oleh Kepala Desa Karyasari, Widya Heru Kartika, karena menurutnya pendirian kandang ayam tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Keberadaan kandang ayam tersebut dianggap menjadi penyebab berkurangnya debit air di Kampung Karyasari, selain itu warga juga khawatir terjadi longsor dan kandang ayam akan menimpa warga yang rumahnya berada tepat dibawah kandang ayam.

“Perusahaan ini sekarang sudah mengantongi izin, jadi saya rasa sudah clear, pihak desa hanya menjembatani dan merekomendasi ke kecamatan, hingga ke kabupaten,” ucapnya.

Dikatakan, namun apabila masih ada keluhan yang dirasakan, warga Karyasari tinggal mengajukan protes ke pemilik kandang, tambahnya.

“Pembangunan kandang ayam ini kan sebelum saya jadi kades, niat awalnya membuka usaha dan itu diberi izin oleh warga, demikian juga dengan RT dan RW nya, karena telah disepakati, maka pemerintah desa hanya merekomendasikan perizinan,” katanya

Seharusnya tambah dia, tim analisa melakukan uji kelayakan terlebih dahulu sebelum izin dikeluarkan, tandas Heru, Kamis (31/01/19).

Mengenai adanya surat keberatan yang dilayangkan warga Karyasari, pihaknya akan menjembatani dan menyampaikannya ke pemilik kandang ayam kemudian ditembuskan ke Koramil dan Polsek serta Kecamatan untuk kemudian dicarikan jalan penyelesaiannya.

“Keluhan warga sudah di handle dan sedang ada negosiasi dengan pemilik kandang,” pungkasnya.

“Bagi Pemerintah Desa, istilahnya mereka buka usaha ditempat kami dan perizinannya pun sudah ditempuh, masalah dampak dan lain sebagainya kalau memang ada keluhan dari warga pasti kami akan tindak lanjuti, desa hanya menjembatani agar tidak terjadi anarkisme,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60