Ibu Iriana Tinjau Produk UKM Banyuwangi di Blimbingsari Creative Craft

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Banyuwangi,- Sebelum meninggalkan Banyuwangi untuk kembali ke Jakarta, Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu-ibu anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) meninjau beragam produk usaha kecil dan menengah (UKM) lokal Banyuwangi.

Tempat yang dikunjungi Ibu Negara adalah Blimbingsari Creative Craft, yang lokasinya tidak jauh dari Bandar Udara Blimbingsari, Banyuwangi.

Setibanya di Blimbingsari Creative Craft, Kecamatan Rojogampi, Kabupaten Banyuwangi sekira pukul 15.15 WIB, Ibu Iriana dan rombongan langsung menuju ke tempat pengrajin yang sedang beraktifitas. Beberapa tampak sedang membatik, beberapa lainnya membuat manik-manik.

Di tempat ini beragam produk UKM lokal khas Banyuwangi mulai dari jamu tradisional, beragam kain batik motif Banyuwangi, produk olahan kulit, hingga aksesoris dipamerkan dan diperdagangkan. Ibu Iriana bersama-sama Ibu Mufidah dan Ibu-ibu OASE-KK, berkeliling, meninjau setiap stan produk-produk tersebut satu per satu.

Ia juga tampak membeli beberapa buah tangan, salah satunya adalah mainan yang terbuat dari kayu. “Buat Jan Ethes,” ujar Ibu Iriana.

Selain mainan, Ibu Iriana tampak juga membeli beberapa bungkus penganan lokal seperti keripik dan kue kering. Tak hanya itu, Ibu Iriana juga sempat mencicipi jamu beras kencur yang dihidangkan di stan jamu.

Usai meninjau selama sekitar 30 menit, Ibu Iriana dan rombongan kemudian meninggalkan lokasi dan menuju Bandar Udara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi untuk kemudian kembali ke Jakarta.

Sumber : Plt. Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

(10)