MTs Darul Ma’arif Cetak Generasi Lebih Baik Dari Pendirinya

Pewarta: Dwi Arifin S.Pd

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Bandung,- M Fauzi Mubarok S.Sos Kepala Madrasah Tsanawiah Darul Ma’arif terus membuat program inovasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Mulai dari meningkatkan fasilitas pendidikan, memperkuat pendidikan keagamaan, kedisiplinan siswa, dan kerjasama dengan berbagai pihak.

Sehingga MTs Darul Ma’arif yang bertempat di Kampung Sindangpalay Rahayu, Desa Rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung terus mengalami kemajuan.

M.Fauzi Mubarok S.Sos Kepala MTs Darul Ma’arif yang sebelumnya sempat aktif di staf ahli MPR RI, dan saat ini aktif sebagai anggota Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Bandung. Memiliki berbagai program untuk suksesnya pendidikan di madrasahnya.

Diantara programnya ialah mendisiplinkan siswa untuk masuk pada pukul 07:00 wib, sebelum masuk mereka terlebih dahulu berbaris dan bersama membaca asmaul husna. Dan merekapun dicek kelengkapan atribut sekolah. Pada jam pulang siswa diwajibkan sholat dan berdzikir bersama di masjid. kebiasan ini untuk memperkuat iman dan perbaikan ahlak.

siswi / santriwati Darul Ma’arif saat sholat dzuhur berjam’ah

Dan untuk pengecekan siswa pihak sekolah bekerjasama dengan pihak Danramil hingga Polsek. Dari kerjasama ini diharapkan, kalau ada siswa yang berada diluar sekolah pada jam belajar, mereka pakai seragam. Maka pihak Danramil atau Polsek bisa mengamankan dan membawa siswa tersebut ke Madrasah. Hal ini dijelaskan M.Fauzi kepada wartawan diruang kerjanya (28/01/19).

Fauzi juga memaparkan, selain itu juga pihak madrasah bekerjasama dengan kantor sekertariat negara dan MPR RI. Para siswa dilatih untuk berdiskusi dengan pemerintah atau wakil rakyat. Mereka juga dikenalkan dengan suasana kursi dewan yang diperebutkan dalam pilihan legislatif. Lalu diajak memasuki istana Presiden untuk memotivasi supaya berperan membangun bangsa kedepannya.

Dari berbagai proses pendidikan dengan tenaga pendidik yang berkualitas. Siswa Mts Darul Ma’arif dapat bersaing dengan siswa lain. Ada yang juara Taekwondo merebutkan piala Bupati. Lalu pidato bahasa arab, desain grafis dan alumni juga ada yang menjadi Qori Internasional.

Pihak madrasah juga memiliki guru dari Kairo Mesir, Liga Arab dan Kampus Al-ashar. Selain itu fasilitas madrasah juga dilengkapi laboratorium Sains dan Teknologi. Yang bisa dinikmati oleh kurang lebih 500 siswa didik.

Fauzi Mubarok menilai pendidikan itu penting. Seperti pendiri Mts ini KH. Sopian Yahya M.A, awalnya bukan siapa-siapa dan orang biasa-biasa. Tapi karena beliau menganggap penting pendidikan. Beliau saat ini memiliki pengaruh yang besar di masyarakat daerah hingga ke tingkat pusat. Semoga Darul Ma’arif ini dapat membentuk generasi yang lebih baik dan unggul dari para pendiri dan pendidiknya.

(79)