Pemerintahan Desa Pusaka Mulya Rutinkan Jumsih

Pewarta : Dede

Koran SINAR PAGI Kab.Purwakarta,- Warga masyarakat Desa Pusaka Mulya Kecamatan Kiara Pedes Kabupaten Purwakarta secara rutin pada hari Jum’at selalu bergotong – royong membersihkan ruas jalan atau halaman disekitar lokasi tempat tinggalnya dari sampah dan semacamnya yang mengakibatkan lingkungan terlihat kotor.

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan dari Pemerintahan Desa Pusaka Mulya tentang program Jum’at Bersih (Jumsih), dimana semua wargapun tanpa terkecuali diminta untuk bersama – sama menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan hidup.

Menurut Kepala Desa Pusaka Mulya, Ahmad Hedri, saat ditemui dilapangan, sudah menjadi kewajiban kita sebagai mahluk hidup untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan, hal ini kata Ahmad, bisa dilakukan dari lingkungan terkecil, mulai dari keluarga dan kampungnya masing – masing.

Dikatakan Ahmad, warga Pusaka Mulya dengan senanghati menjalankan agenda rutin ini, hal tersebut lanjutnya, menunjukan bahwa warga Desa Pusaka Mulya menyadari betul akan arti dan manfaat dari kebersihan lingkungan, “Kebersihan itu sebagian dari Iman,” ucapnya.

Dalam kegiatan rutin tersebut, Ahmad selalu turun langsung bahu – membahu bersama masyarakat membersihkan wikayahnya, “Saya tidak memposisikan diri sebagai penguasa tapi disini saya melayani dan mengabdikan diri kepada warga, maka dalam kegiatan Jumsih ini saya terjun langsung berbaur dengan masyarakat membersihkan lingkungan, agar tidak merasa ada jarak,” tuturnya

(48)