Terkait Uploadan APK dirinya Oleh Seorang ASN, Maman : Saya Sudah Ingatkan Sebelumnya

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Kab.Sumedang
Caleg RI Dapil IX (Sumedang, Majalengka, Subang) dari PKB yang juga Direktur Relawan Tim Nasional Jokowi – Maruf Amin, Maman Imanulhaq, terkait uploadan Alat Peraga Kampanye (APK) dirinya yang dilakukan DN seorang ASN yang diakui Maman sebagai saudaranya, distatus Face Book DN. Menurut Maman, ia sebelumnya sudah mengingatkan untuk bersikap netral, tidak melibatkan dalam proses tim pencalegan dirinya.

“Saya sudah mengingtkan untuk tidak melibat diri karena seorang ASN harus netral, tetapi karena ketidak tahuan maka itu terjadi”, ujarnya, kepada wartawan seusai diklarifikasi Bawaslu Sumedang, Senin, (21/01/19).

Tetapi, menurut Maman, setelah diamati APK yang di upload kakanya itu sebuah kalender yang subtansi didalam nya sebuah doa untuk bencana.

“Kalender yang di upload kakak saya itu substasinya sebuah doa bencana, yamuahaimin yasalam, salimna walmuslimin, dan diatasnnya ditulis capture oleh kakak saya itu, mudah-mudahan negara ini terbebas dari bencana”, ujarnya.

Oleh karenanya mudah-mudahanan itu hanya sebuah kesalahan saja, dan bukan merupakan pelanggaran, ungkap Maman.

“Tetapi apapun yang terjadi saya sudah memberikan klarifikasi kepada Bawaslu”, tukasnya.

Maman pun sebelumnya sempat memberikan apresiasi kepada kinerja pihak Bawaslu Sumedang yang sudah menjalankan tugas nya.

“Saya mengapresiasi Bawaslu atas kinerjanya yang sudah melakukan tugas nya dengan baik”, ucapnya.

Sementara itu pihak Bawaslu melalui Komisioner nya Ade Sunarya, terkait kasus ini mengutatakan, aka segera melakukan pleno.

“Setelah dianggap cukup pemanggilan saksi dari pihak terlapor dan terkait, maka kami akan segera melakukan pleno ditingkat Bawaslu, untuk dilakukan pengkajian, apakah kasus ini masuk ke tingkat temuan atau tidak, jika tidak maka kasusnya akan dihentikan tetapi kalau masuk maka akan segera diajukan rekomendasi ke Komisi ASN”, ujar Ade.

Penanganan ini, dikatan Ade, waktunya 7 hari, dan bila dipandang perlu masih ada keterangan lagi maka waktunya bisa ditambah 7 hari lagi.

“Nanti kami akan segera mengumumkan hasilnya”, ucap Ade.

(34)