Wali Kota : Luangkan Waktu Sejenak Untuk Berolahraga

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,– Wali Kota Medan, H T Dzulmi Eldin mengikuti Car Free Day (CFD) bersama ribuan warga Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (20/01). Antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangka sosialisasi untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan asap kenderaan bermotor semakin tinggi. Terbukti jumlah warga yang mengikuti CFD terus bertambang setiap Minggunya.

Sejak pukul 06.00 WIB, warga telah berkumpul di seputaran lapangan bersejarah di Kota Medan tersebut. Guna memperlancar masyarakat mengikuti CFD, Dinas Perhubungan Kota Medan dan Satlantas Polrestabes Medan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup beberapa ruas jalan di seputaran Lapangan Merdeka.

Selain senam jantung sehat hasil kerjasama Pemko Medan dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut pimpinan Hj Rita Maharani SH, CFD juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan olahraga lainnya seperti bersepeda, jalan santai, jogging, senam aerobik maupen mempergunakan peralatan olahraga yang ada disisi lapangan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Disamping itu tak jarang warga yang datang mengikuti CFD membawa serta anak-anaknya. Sebab, sejumlah fasilitas permainan anak telah disediakan Dinas Kebersihan dan Pertamanan seperti perosotan, ayunan, enjot-enjotan serta permainan lainnya. Dengan demikian usai berolahraga, giliran orang tua yang menemani anak-anaknya bermain.

Dari rangkaian kegiatan olahraga yang disajikan, warga paling banyak mengikuti senam jantung sehat, terutama mereka yang paro baya. Sebab, mereka tahu manfaat mengikuti senam jantung sehat jika diikuti dengan baik dan benar serta rutin dilakukan dapat menjauhkan dari penyakit jantung.

Sedangkan Wali Kota lebih memilih berjalan mengelilingi lapangan didampingi sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan. Dengan mengenakan kaos putih dan celana training hitam serta jaket dan topi hitam, Wali Kota didampingi sejumlah pimpinan OPD berjalan mengelilingi lapangan yang zaman Belanda dulu digunakan sebagai alun-alun tersebut.

Sambil mengelilingi lapangan, tak lupa Wali kota menyapa warga dan mengingatkan untuk terus rutin berolahraga agar kesehatan dan kebugaran tubuh senantiasa terjaga. “Luangkan waktu sejenak untuk berolahraga, sebab manfaatnya sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, tentunya segala aktifitas dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Wali Kota.

Agar warga tenang dan nyaman berolahraga di Lapangan Merdeka, Wali Kota tak lupa mengingatkan agar Dinas Kebersihan dan Pertamanan senantiasa menjaga kebersihan, terutama setelah CFD selesai. Di samping itu lagi selalu memperhatikan sarana dan prasarana yang ada, terutama peralatan olahraga sehingga masyarakat dapat menggunakannya kapan saja.

“Kalaupun ada yang rusak, secepatnya diperbaiki. Jangan gara-dara rusak, masyarakat terhalang untuk menggunakannya,” pesannya.

Selain Lapangan Merdeka, Wali Kota mengatakan sejumlah taman lainnya yang ada di Kota Medan juga dilengkapi dengan peralatan olahraga serta mushala. Dengan demikian masyarakat yang datang berolahraga maupun hanya menikmati taman untuk bersampai tidak terganggu untuk melaksanakan shalat apabila waktu shalat telah tiba. “Semua ini kita lakukan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi warga,” ungkapnya.

(13)