Ketua KPU Sumedang : Debat Bisa Pengaruhi Swing Votters

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Nonton bareng ( Nobar ) yang digagas KPU Sumedang di Gedung Aula KPU Sumedang, Kamis, (17/01/19) terlihat kurang pengunjung.

Walaupun acara itu dihadiri oleh pihak Polres, Bawaslu, dan sejumlah PPK namun pantauan koransinarpagijuara.com di nobar itu tak lebih dari tiga puluh pengunjung.

Dikonfirmasi koransinarpagijuara.com kondisi itu, diakui oleh Komisioner KPU Mamay Siti Suhandi.

“Memang kita lihat pengunjungnya kurang, mungkin publikasi nya kurang, walaupun sudah dilakukan di medsos tapi, nobar ini melakukan anjuran dari Bawaslu Jabar, disamping itu juga ada beberapa PPK yang melakukan nobar”, ujar nya.

Dikatakanya lagi, PPK yang datang kesini, cuma PPK yang terdekat saja.

“PPK dari Utara, Selatan, Ganeas, Cimalaka tapi tadi saya lihat ada juga dari Tanjungkerta, dan bagi PPK yang memungkinkan melakukan nobar mengadakan acara nobar juga,” ucapnya.

Uni kan debat pertama, ucapnya lagi, ada 4 kali debat lagi, jadi kalau masyarakat sudah tahu di KPU ini ada nobar, diharapkan kedepan akan lebih ramai lagi, imbuhnya.

Berbeda dengan keterangan Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi mengutarakan, jika nobar ini diperuntukan untuk internal saja.

“Nobar ini untuk internal saja, internal KPU, Bawaslu, beberapa PPK dan PPS, oleh karena itu nobar di KPU ini tidak akan berpengaruh kepada partisipasi masyarkat karena mereka sudah mempunyai kesadaran untuk memilih”, ucapnya.

Kecuali lanjut Ogi, nobar yang dilakukan di PPK dan PPS, itu bisa berpegaruh karena itu bersentuhan langsung dengan pemilih.

Terkait pelaksanaan debat, Ogi berpendapat, akan berpengaruh kepada pemilih.

“Kan ada swing voters, yang belum menentukan pilihanya, nah dengan pelaksanaan debat ini mereka bisa menilai pasangan mana yang bisa meyakinkan untuk nenentukan pilihanya”, tukas dia.

Dikatakanya lagi, di debat ini akan memperlihatkan kecakapan para capres hingga masyarakat bisa lebih mengetahuinya.

“Mereka tentunya putra terbaik bangsa degan adanya debat ini masyarakat bisa menilai untuk lebih tahu dan hal itu akan berpengaruh kepada masyarajat untuk menentukan pilihanya”, pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60