Program Desa Digital Mempermudah Akses Informasi

Pewarta: Wahyu/Red

Koran SINARPAGI, Bandung,- Kemajuan teknologi informasi masyarakat desa di Provinsi Jawa Barat, saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hingga saat ini, semua masyarakat desa bisa menikmati kecepatan informasi melalui program desa digital.

Hal itu diungkapkan, Kabid Bina Desa DPMD Provinsi Jawa Barat, Wardhana kepada media Koran SINARPAGI, di ruang kerjanya,  Selasa (15/01/2018).

Menurutnya,  program sapa warga yang dicanangkan pemerintah Provinsi  Jawa Barat sangat tepat untuk mensukseskan program desa digital.

” Ini kan jelas,  apabila setiap desa bahkan setiap RW bisa mengunakan fasilitas internet, secara otomatis mempermudah menerima atau memberikan informasi tentang desa, seperti pelayanan birokrasi atau keluhan masyarakat,” paparnya.

Bahkan, pihaknya mengklaim sudah 85% desa di Provinsi Jawa Barat sudah menikmati akses internet,” Benar,  saat ini hampir semua mengunakan fasilitas internet, cuma memang ada beberapa daerah yang mungkin sinyalnya atau jaringan kurang bagus sehingga sedikit tidak bisa mengakses, seperti daerah terpencil,” katanya.

Namun demikian, pihaknya tetap berupaya untuk meningkatkan dan mendukung program tersebut,” untuk tahun sekarang, kita berharap bisa mencapai 90% terpenuhi kebutuhan, tentunya juga harus ada dukungan penuh dari diskominfo sebagai leading sektornya,” jelasnya.

Masih  kata dia,  sebenarnya banyak program yang menjadi skala prioritas saat ini oleh DPMD Provinsi Jawa Barat,  seperti One Village one corporate (satu desa satu perusahaan), Desa ESDM, Jembatan Desa dan masih banyak program gubernur yang lainya.

” Semua itu harus di imbangi dengan kualitas SDM aparatur desa, baru dapat terlaksana, saya berharap kedepanya bisa diadakan bintek atau diklat apartur desa,” pungkasnya ***

(52)